Berita

Penyusunan Renstra Badan Litbang Pertanian Tahun 2010-2014 di NTB

Pin It

Renstra Badan Litbang Pertanian merupakan perangkat untuk mencapai harmonisasi perencanaan kegiatan litbang pertanian secara menyeluruh, terintegrasi, efisien dan sinergi dengan sektor lain dalam mencapai tujuan pembangunan pertanian.

Renstra Badan Litbang Pertanian merupakan acuan utama bagi jajaran birokrasi lingkup Badan Litbang Pertanian khususnya dalam penyusunan program dan kegiatan penelitian dan pengembangan pertanian periode tahun 2010-2014, sehingga kontinuitas dan konsistensi program penelitian dan pengembangan, serta fokus sasaran yang akan dicapai dalam suatu periode tertentu dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dengan demikian, hasilnya benar-benar dapat mendukung pembangunan pertanian dan sistem dan usaha agribisnis yang efisien dan berdaya saing, melalui penerapan inovasi teknologi pertanian yang beroerientasi pengguna.

Penyusunan Rencana Strategis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dilaksanakan dengan mengacu kepada Visi dan Arah Pembangunan Pertanian Jangka Panjang 2005-2025; Arah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2010-2014; Arah Rencana Pembangunan Pertanian Tahun 2010-2014 serta Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Tim Penyusun RENSTRA Badan Litbang Pertanian mengadakan pertemuan pada hari Rabu s/d Sabtu tanggal 19 – 22 Mei 2010 bertempat di Jayakarta Hotel Jl. Senggigi Mataram NTB, dalam rangka penyempurnaan naskah akademik Renstra Badan Litbang Pertanian Tahun 2010 - 2014. Rapat kerja ini dihadiri oleh Sekretaris Badan Litbang  Pertanian Dr. Ir. Haryono, MSc., Kepala Bidang Program Unit kerja eselon II (Puslit/Balai Besar) lingkup Badan Litbang Pertanian dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB. Untuk  memenuhi kebutuhan dari Kementerian Pertanian peserta rapat sepakat menggunakan outline BAPPENAS dalam menyusun Renstra Badan Litbang Pertanian Tahun 2010 - 2014.

Adapun agenda rapat adalah Pengarahan oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Masukan dari Anggota Tim Renstra, Penyusunan (Pembagian dalam Kelompok) Mengacu pada Outline Bappenas, Penggabungan Hasil Kerja Kelompok.  (I Putu Cakra P.A.)

 

Web Analytics