Berita

Kunjungan Tim ICR Ke Pengurus FMA Desa Beleka, Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat

Pin It

Tim Independence Completion Report (ICR) SADI/AusAID dengan timnya pada hari Jum’at tanggal 9 April 2010 mengunjungi pengurus FMA  desa Beleka kecamatan Gerung kabupaten Lombok Barat. Tim ICR yang dipimpin oleh Dr. John Fargher dalam melaksanakan kunjungan diterima langsung oleh pengurus FMA dan anggotanya, Koordinator BPP kecamatan Gerung, PPL desa Beleka, Penyuluh Swadaya. Tim ICR juga didampingi oleh tim dari BPTP NTB antara lain Kepala BPTP, PPK FEATI, penanggung jawab FSA dan Bq. Nurul Hidayah (anggota kelji budidaya).

Maksud kedatangannya adalah untuk mengumpulkan data dan informasi untuk penyusunan ICR dengan membandingkan program lain seperti FEATI yang dilaksanakan oleh BPTP Nusa Tenggara Barat. Pertemuan bertempat di pengolahan kompos organik berbahan limbah sampah rumah tangga dan berlangsung selama kurang lebih satu jam yang diawali dengan perkenalan dan dilanjutkan dengan diskusi. Tim ICR menanyakan bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan pada program FEATI. Dijelaskan oleh pengurus FMA  bahwa  proses pembelajaran dalam program FEATI diawali : (1). Sosialisasi ke UP-FMA oleh  pengelola FEATI kabupaten yang meliputi pelatihan Penyuluh PNS/Penyuluh Swadaya/UP-FMA tentang pemahaman terhadap tugas dan fungsi masing-masing dalam kegiatan FMA, (2). PRA Desa  yakni keguanaannya untuk mengidentifikasi masalah-masalah dan peluangnya dalam perencanaan kegiatan pembelajaran agribisnis, (3). Penyusunan RDK/RDKK, kegunaan RDK/RDKK sebagai bahan perencanaan pembelajaran agribisnis, (4). Programa Desa, penentuan prioritas pengembangan komoditas/usahatani terpilih, (5). Penyusunan proposal FMA, proses penyusunannya secara partisipatif dan bagaimana memasukkan komponen-komponen yang harus ada dalam proposal FMA.

Disebutkan pula bahwa, teknologi dalam kegiatan proposal UP-FMA bersumber dari BPTP NTB. Cara mendapatkan informasi selain bertatap muka langsung, BPTP NTB juga menyediakan media informasi yang berbentuk leaflet, brosur dan media lainnya yang dibagikan langsung ke masing-masing UP-FMA.

Tim ICR dalam kunjungan tersebut merasa puas dan berterima kasih atas penjelasan dan keramahtamahannya dan mudah-mudahan kunjungan tim ICR atau program lainnya tidak terjadi sekali ini dan dapat dilanjutkan dimasa-masa mendatang.  (Sudarto).

 

Web Analytics