Berita

Padi INPARI …………Padi Tahan Kekeringan (Hasil monitoring kegiatan FMA di kabupaten, tanggal 22-27 Maret 2010)

Pin It

Pada tahun anggaran 2009 program FEATI BPTP NTB melalui kegiatan demonstrasi inovasi mengintroduksikan padi Inpari 1 dan Inpari 6 di masing-masing kecamatan lokasi FEATI di tiga kabupaten yaitu kabupaten Bima, Dompu dan Sumbawa.

Dikabupaten Dompu tepatnya di kecamatan Hu’u dan Pajo pada tahun ini mengalami kekeringan karena el nino, sehingga padi milik petani tidak bisa diharapkan lagi (gagal panen). Kondisi seperti ini terjadi hampir disetiap desa wilayah kecamatan Hu’u. Kriteria kekeringan dari ringan, sedang sampai berat yang terjadi pada padi sawah maupun padi gogo seperti terlihat pada tabel di bawah ini.

Hujan mulai turun akhir Desember dan pada bulan Pebruari-Maret curah hujan dan hari hujan kecil dan jarang serta tidak mencukupi kebutuhan air tanaman padi. Pada awal tanam, padi milik petani mendapat pengairan hanya sekali yaitu pada saat padi berumur satu bulan dan untuk pertumbuhan selanjutnya hanya mengandalkan curah hujan tapi itupun tidak mampu untuk perkembangan tanaman.

Padi yang banyak diusahakan adalah varietas Ciherang dan Cigeulis, karena mengalami kekeringan pertumbuhannya sangat merana dan hamper semua daunnya terlihat kering. Ini terjadi pada tanaman padi rata-rata pada fase premordia, sehingga tidak mampu mengeluarkan malai.  Tapi ada dua varietas yang mampu bertahan terhadap kekeringan walau mendapat perlakuan yang sama (pengairan satu kali)  yaitu Inpari 1 dan Inpari 6 yang ditanam oleh FMA desa Rasabou kecamatan Hu’u seluas 1 ha. Tanaman mampu mengeluarkan malai dan sampai berita ini ditulis malai sudah mulai menguning, artinya ada harapan untuk bisa dipanen. Data agronomi kedua jenis padi tersebut adalah  Inpari 1 : tinggi tanaman 100 cm, jumlah anakan produktif 15 rumpun dan Inpari 6 : tinggi tanaman 110 cm, jumlah anakan produktif 12 rumpun. Berdasarkan diskripsi tanaman Inpari 1 dapat dipanen pada umur 100 hari dan Inpari 6 umur 115hari. Respon FMA dan petani sekitarnya sangat bagus bahkan tanaman belum dipanen sudah banyak petani yang akan menukar padinya untuk dijadikan benih. (Sudarto, M. Zairin dan A. Muzani)

 

Web Analytics