Berita

Tersenyum….Berkat Introduksi Varietas Padi Lahan Salin

Pin It

Desa Nggembe kecamatan Bolo kabupaten  Bima merupakan salah satu desa FEATI yang memililki luas lahan salin cukup luas, sekitar 65 ha dan selama ini para petaninya menananm padi dengan menggunakan jenis padi yang konvensioanal seperti Ciherang, Cilosari dan lain-lain. Hasilnya sudah dapat ditebak, pertumbuhannya merana dan tidak merata. Hal ini setiap tahunnya terjadi pada lahan petani tersebut.

Kini harapan baru telah didepan mata. BPTP NTB pada tahun 2009 bekerjasama dengan UP FMA desa Nggembe, kecamatan Bolo melalui program FEATI mengintroduksikan beberapa varietas padi lahan salin seperti Banyu Asin, Air Tenggulun, Mendawa, Martapura dan Lambur.  Walaupun sampai berita ini diturunkan tanaman masih pada fase premordia, tapi respon petani pelaksana dan petani sekitarnya cukup responsip, diacungi jempol, belum melihat hasilnya mereka sudah memesan untuk dikembangkan lebih lanjut.

Komentar petani,…’.baru kali ini melihat pertumbuhan padi sebagus ini.” Kata mereka penuh antusias. Mudah-mudahan ini dapat memecahkan masalah yang kami hadapi selama ini.

Berdasarkan pengamatan lapang, data agronomi yang diperlihatkan menunjukkan jumlah anakan yang cukup menggembirakan. Rata-rata jumlah anakan diatas 20 rumpun, terutama varietas Banyu Asin dapat mencapai 27- 35 batang/ rumpun (Sudarto)

 

 

Web Analytics