Berita

Rapat Koordinasi Program FEATI Tingkat Propinsi dan Kabupaten Tahun 2010

Pin It

Program FEATI tahun anggaran 2010 di BPTP NTB diawali dengan rapat koordinasi FEATI di Tingkat Provinsi dan Kabupaten. Rapat dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 9 Januari 2010 bertempat di ruang sidang BPTP NTB, mulai pukul 8.30 -   14.00 WITA. Acara dibuka dan dipimpin langsung oleh Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo, MS. Rapat koordinasi  diikuti oleh PPK, Asisten teknis di tingkat Provinsi (Bakorluh) dan lima Kabupaten lokasi FEATI. Dalam kesempatan ini kepala BPTP NTB menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan di BPTP NTB tahun 2010, antara lain :

 

  1. Penguatan kemitraan antara Peneliti, Penyuluh dan organisasi Petani, meliputi : Pengembangan Model FSA dan VCA, Demonstrasi dan Uji Coba FSA dan VCA.
  2. Peningkatan Hubungan yang lebih efektif antara BPTP dan Kelompok Tani, meliputi : Workshop pendampingan ARF mendukung kegiatan FMA di Kabupaten, Demonstrasi Inovasi Pertanian bersama FMA di lokasi FEATI (gelar teknologi, demonstrasi plot, klinik teknologi, temu informasi teknologi), dan Dukungan pelaksanaan FMA melalui penyediaan informasi pertanian dalam berbagai bentuk media komunikasi di lokasi FEATI
  3. Peningkatan hubungan yang efektif antara penyuluh, peneliti dan petani (Workshop peningkatan keterkaitan peneliti, penyuluh dan petani)

 

Rapat koordinasi ini ditujukan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi kegiatan program FEATI di BPTP dengan program FEATI di Provinsi dan Kabupaten demi terwujudnya tolok ukur dan indikator keberhasilan yang telah digariskan dalam program FEATI. Adapun tolok ukur dan indikator keberhasilan dari komponen Perbaikan Pengkajian dan Diseminasi Teknologi ini adalah : a). Paling sedikit 60% anggota Poktan/Gapoktan berperan dalam kegiatan kajian teknologi pertanian secara partisipatif dan paling sedikit 80% diantaranya meningkat produktivitasnya melalui penerapan hasil kajian tersebut, b).  Paling sedikit 60% paket teknologi BPTP diterapkan oleh Poktan/Gapoktan dalam kegiatan penyuluhan yang dikelola petani, c). Paling sedikit 70% anggota Poktan/Gapoktan puas terhadap jasa penelitian dan pengembangan serta pengkajian teknologi pertanian.  Secara Nasional pencapaian target yang ditentukan masih pada kisaran angka 30-40% baik itu dari keterlibatan petani, pendapatan petani serta tingkat kepuasan petani. Diharapkan pada akhir program FEATI tahun 2011 capaian target sesuai dengan apa yang telah ditentukan, dapat tercapai sehingga program ini memberikan manfaat yang nyata bagi petani kita. (Luhde/Sudarto)

Web Analytics