Berita

SMK Maraqit Ta’limat Sembalun Praktek Kerja Lapangan di Kebun Percobaan BPTP NTB

Pin It

 

Sebanyak sebelas orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Maraqit Ta’limat (SMK MT) Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kebun BPTP NTB. Kedatangan rombongan siswa SMK MT bersama kepala sekolah dan guru diterima secara resmi oleh Kepala BPTP NTB, Dr. Ir. Dwi Praptomo, MS pada hari Senin siang, 8 Februari 2010.

Pada acara penerimaan siswa ini, kepala sekolah SMK MT, Akmaludin, S.Pd  sangat berterima kasih atas kesediaan BPTP NTB dijadikan salah satu tempat menimba ilmu di lapangan oleh para siswanya untuk memenuhi salah satu kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Lebih jauh Akmaludin, S.Pd berharap pengalaman selama dua bulan praktek kerja ini dapat dijadikan sebagai ilmu yang dapat dikembangkan oleh siswa setelah kembali ke Sembalun.

Dalam kata-kata penerimaannya kepala BPTP NTB, Dr. Ir. Dwi Praptomo, MS mengatakan BPTP NTB telah banyak menghasilkan paket teknologi pertanian dan sampai sekarang masih terus melaksanakan penelitian, pengkajian dan diseminasi teknologi. Selain penelitan terapan dan pengkajian adaptasi BPTP NTB juga melaksanakan gelar teknologi, demplot, publikasi (brosur, leaflet, poster), siaran TV dan Radio, dan sebagainya. Lebih jauh dikatakannya para siswa yang akan melaksanakan PKL ini diharapkan dapat mengikuti petunjuk  peneliti dan teknisi yang akan membimbing di lapangan. Kepala BPTP NTB juga mengatakan dihadapan siswa dan guru bahwa selama mengikuti PKL ini BPTP NTB tidak memungut biaya sepersen pun kepada pihak sekolah dan menyiapkan pemondokan di mess.

Untuk lebih terarahnya pelaksanaan di lapangan siswa yang mengikuti PKL ini akan dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok UPBS/perbenihan padi, hortiultura/sayuran dan perternakan. Setiap kelompok dibimbing oleh seorang peneli/teknisi. Materi yang diberikan disesuaikan dengan aktivitas-aktivitas pada masing-masing kegiatan. Setiap dua minggu siswa akan dipindahkan ke kelompok lainnya sehingga seluruh siswa mengetahui dan memahami banyak hal. Secara garis besar siswa akan di perkenalkan dengan proses penagkaran benih padi, penyiapan benih, pengelolaan tanaman terpadu padi (PTT padi), pemeliharaan ternak kambing, teknologi budidaya sayuran, pembuatan kompos dan lain-lain

Selain kegiatan praktek lapangan, setiap hari Jumat selesai mengikuti “Imtaq” siswa diperkenalkan dengan perpustakaan digital dan membuat ringkasan imformasi apa saja yang diperoleh dari penelusuran baik melalui buku maupun internet.

 

Praktek Kerja Lapangan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan bukan kali pertama di kebun BPTP NTB. Setiap tahun BPTP NTB secara terus menerus dijadikan tempat untuk pelaksanaan praktek kerja lapangan dan magang oleh siswa Balai Keterampilan Kerja (BLK) Mataram dan juga sekolah-sekolah Menengah Kejuruan, terutama SMK bidang pertanian (Prisdiminggo).

Web Analytics