Berita

Magang Petani Kabupaten Lombok Timur NTB ke Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampurna – Jawa Timur

Pin It
Program Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Inovasi (P4MI) yang dilaksanakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB berlokasi di Kabupaten Lombok Timur. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada program P4MI adalah Magang Petani. Pelaksana kegiatan P4MI sesuai mandat mengembangkan dan menyebarluaskan Inovasi Teknologi Pertanian ke pengguna dalam hal ini Petugas lapangan dan Petani selaku pelaku utama dalam berusaha tani. Di tahun 2009 kegiatan P4MI NTB salah satunya adalah kegiatan magang petani yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani tersebut. Magang petani ke PPK Sampurna – Jawa Timur merupakan program magang tahap kedua yang dilaksanakan pada tahun 2009. Petani peserta magang terdiri dari 10 orang dan 2 orang pendamping. Petani peserta berasal dari 8 Desa dan 7 Kecamatan di Kabupaten Lombok Timur dan dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 13 s/d 19 Desember 2009.
Magang dilaksanakan di Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampurna yang berada di Pandaan Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Metode yang dilakukan adalah teori di kelas dan praktek langsung di lapangan serta tempat-tempat usaha petani yang dibina oleh PPK Sampurna.
Materi Magang pada tahap II ini antara lain: Managemen Agribisnis Sapi potong, (pengolahan limbah ternak, pembuatan bio urine), Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL), Budidaya Padi sistem SRI, Pengolahan Hasil Pertanian (pembuatan rempah instan, teh rosella, susu kedele, pembuatan aneka kripik dari buah-buahan dan ubi ungu), serta budidaya tanaman sayuran organik. Praktek/kegiatan langsung dilakukan di lahan, kandang, laboratorium dan tempat pengolahan hasil yang dimiliki oleh PPK Sampurna. Materi tambahan adalah Managemen Pemasaran.
Kesan peserta selama magang adalah cukup baik karena peserta dapat melakukan secara langsung dilapangan apa yang telah dijelaskan sebelum kelapangan. Demikian juga bimbingan dari narasumber dan pendamping/asisten selama kegiatan di lapangan, disampaikan juga bahwa kegiatan semacam ini perlu di perbanyak sehingga petani di kecamatan lainnya dapat mengikuti apa yang ada karena apa yang dilakukan cukup mudah, murah dan sangat bermanfaat untuk peningkatan kemampuan petani, (Luthfi)
Web Analytics