Berita

"NTB BERSAING EXPO 2009" Memperingati Hari Ulang Tahun NTB ke 51

Pin It
Hari Ulang Tahun Propinsi Nusa Tenggara Barat yang ke 51 diperingati dengan berbagai kegiatan seperti Pameran "NTB BERSAING EXPO 2009"; Upacara secara seremonial dan Do'a Zikir Bersama. Acara berlangsung di Kota Bima dari tanggal 16 - 18 Desember 2009.
Perserta pameran berasal Instansi Pemerintah, Perbankan dan Swasta. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB, ikut berpartisipasi pada kegiatan Pameran. Seperti halnya pada pameran sebelumnya, BPTP selalu diharapkan untuk menampilkan teknologi baru yang telah dikaji. Pada kesempatan ini materi pameran yang disajikan adalah benih-benih padi unggul baru, dan palawija untuk diperkenalkan pada petani karena bertepatan pada saat ini adalah awal memasuki persiapan musim tanam. Selain itu bahan-bahan olahan yaitu produk binaan BPTP di wilayah P4MI Kabupaten Lombok Timur.
Pameran dibuka oleh Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi, MMA, dan dihadiri oleh pejabat lingkup Propinsi dan seluruh Kabupaten. Dalam sambutannya Gubernur berharap kebersamaan adalah yang tepenting bagi kita semua. NTB Expo ini merupakan even pertama yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun daerah. Perbaikan di masa mendatang seharusnya bisa lebih baik dari sekarang, dimasa mendatang diharapkan pihak-pihak swasta bisa lebih banyak yang berpartisipasi dalam kegiatan semacam ini. Kepala BPTP NTB Dr. Dwi Praptomo, berkesampatan menghadiri dan mengikuti rangkaian acara, pembukaan Rabu 16 Desember 2009, kemudian DoĆ¢€™a dan Zikir bersama yang diselenggarakan pada hari Kamis malam tanggal 17 Desember 2009.
Pengunjung pameran stan BPTP NTB, tertarik dengan macam olahan makanan termasuk telur bebek asin sangat banyak peminatnya setelah mengetahui bahwa telur asin yang dipamerkan adalah berbagai cita rasa seperti mulai dengan yang original, rasa daun teh, dan rasa daging sapi. Produk ini merupakan hal baru yang belum banyak dikenal oleh masyarakat di sekitar Kota Bima.
Disamping olahan, beberapa pengunjung menanyakan tentang budidaya jamur karena menurut mereka di Kota Bima belum banyak yang membudidayakan jamur sehingga banyak masyarakat juga belum mengetahui teknik membudidayakannya. Media ini dirasakan bisa menjadi salah satu bentuk penyebaran informasi dan transfer teknologi kepada masayarakat, karena bertepatan penyelenggaraannya berada di luar pulau Lombok yang cukup jauh dari kantor BPTP. Selama ini semua pengkajian yang dibiayai oleh P4MI hanya dapat dilaksanakan di wilayah Kabupaten Lombok Timur sehingga melalui kegiatan ini dapat menyampaikan hasil-hasil pengkajian ke luar wilayah Kabupaten Lombok Timur. (Sas)
Web Analytics