Berita

Lokakarya Workshop Pelaksanaan P4MI di Lombok Timur

Pin It
Selama Program Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Inovasi (P4MI) atau Poor Farmers Income ImprovementThrough Inovation Project (PFI3P) yang berlangsung dari tahun 2003 – 2009; telah dilaksanakan berbagai kegiatan pengkajian pada beberapa komoditas seperti jagung, pisang, kambing, ayam dan pengelolaan pasca panen. Hasil-hasil pengkajian disampaikan dalam bentuk media cetak, elektronik dan tatap muka. Pada hari Senin 23 Nopember 2009, telah diselenggarakan Lokakarya/Workshop Pelaksanaan P4MI, sekaligus merupakan review dari seluruh kegiatan BPTP NTB menjelang berakhirnya program P4MI di Kabupaten Lombok Timur. Acara tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Darunahdlatain NW Pancor Kabupaten Lombok Timur.
Kegiatan ini dimaksudkan selain mengkomunikasikan hasil-hasil pengkajian BPTP NTB, juga diharapkan mendapat masukan dan umpan balik dari peserta yang hadir. Pada kesempatan ini peserta yang hadir terdiri dari Dinas Instansi terkait, PIU P4MI Kabupaten Lombok Timur, UPTB/(BP3K) Lombok Timur dan seluruh Camat Kabupaten Lombok Timur.
Acara diawali dengan laporan Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo, S. MS., selanjutnya penyampaian kata sambutan atas nama Badan Litbang Pertanian yang disampaikan oleh Dr. Haryono (Sekretaris Badan Litbang); sambutan berikutnya disampaikan oleh Bupati Lombok Timur (Pejabat yang mewakili) . Selanjutnya Kepala BPTP NTB menyerahkan secara simbolis buku “6 Tahun Kiprah BPTP NTB dalam Kegiatan P4MI di Lombok Timur “ sebagai simbol peran BPTP NTB dalam kegiatan P4MI di Lombok Timur, kepada Bupati Lombok Timur (Pejabat yang mewakili) Pada kesempatan ini Bupati Lombok Timur (Pejabat yang mewakili) melakukan pengguntingan Pita (Dalam Acara Pembukaan Pameran Pelaksanaan P4MI 2003-2009 dengan tema “Peran Inovasi Teknologi dan Partisipasi Petani dalam Meningkatkan Pendapatan” dan diselenggarakan pula pameran hasil kegiatan yang disajikan langsung oleh para KID dan petani kooperator yang telah mendapatkan pembinaan dari BPTP NTB.
Penyampaian review hasil kegiatan pengkajian BPTP NTB yang selama ini didanai oleh P4MI, disampaikan oleh Kepala Balai.; sedangkan review kegiatan keseluruhan P4MI disampaikan oleh PCMU Pusat diwakili Arief Surachman, SPi, MSc. serta review pelaksanaan P4MI di kabupaten Lombok Timur disampaikan oleh PIU Kabupaten Lombok Timur, Drs. Zohrowardi.
Pada sesi ketiga adalah penyampaian hasil perkembangan usaha dan rencana masa mendatang yang disampaikan oleh KID dan petani kooperator yaitu Lalu Bahrul Ain dari Suralaga, Samsul Hadi dari Sukaraja, dan H Mustafa Ahyar dari Jenggik, dan diikuti dengan diskusi dengan peserta. (Sas)
Web Analytics