Berita

Pelatihan Penyuluh Pertanian P4MI Kabupaten Lombok Timur di Mataram

Pin It
Program Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Inovasi (P4MI) telah dilaksanakan di beberapa desa di Kabupaten Lombok Timur sejak tahun 2003. BPTP NTB sebagai penanggung jawab komponen 3 dalam kegiatan tersebut berupaya menyediakan inovasi teknologi spesifik lokasi sebagai upaya peningkatan pendapatan petani. Beberapa paket teknologi spesifik lokasi telah dihasilkan, namun menemui kendala dalam sistem penyampaian (delivery system) sehingga adopsi teknologi berjalan lambat.
Menghadapi berakhirnya kegiatan P4MI pada akhir tahun 2009 perlu disusun beberapa strategi agar setelah kegiatan P4MI selesai proses adopsi teknologi masih tetap berlangsung dan teknologi spesifik lokasi yang dihasilkan dapat dipergunakan oleh petani untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Salah satu strategi tersebut adalah meningkatkan SDM penyuluh di Kabupaten Lombok Timur melalui pelatihan. Penyuluh merupakan aparat pemerintah yang ditempatkan di desa dan menjadi petugas yang paling dekat dengan petani. Penyuluh desa setempat sangat memahami sosial budaya dan karakteristik warga desa di wilayah tugasnya sehingga diharapkan penyuluh dapat menjadi pendukung keberhasilan proses transfer/adopsi teknologi. Penyuluh diharapkan mampu mendorong semakin terciptanya kreativitas dan kemandirian masyarakat agar memiliki kemampuan untuk berswakarsa, swadaya, swadana dan swakelola bagi terselenggaranya kegiatan-kegiatan usahatani yang dikerjakan guna tercapainya tujuan, harapan, dan keinginan masyarakat diwilayah kerjanya masing-masing. Salah satu faktor keberhasilan transfer teknologi adalah tergantung pada bagaimana teknologi tersebut disampaikan oleh penyuluh disamping faktor-faktor lainnya.
Pelatihan yang dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan penyuluh sehingga penyuluh siap menjadi kepanjangan tangan BPTP NTB dan menggantikan posisi BPTP NTB dalam mendampingi petani dan membina kelompok setelah kegiatan P4MI berakhir. Pelatihan Penyuluh Pertanian P4MI Kabupaten Lombok Timur dilaksanakan di Mataram, selama 3 (tiga) hari yaitu dari tgl 11 – 13 Nopember 2009 ini, diikuti oleh 100 orang PPL, dengan beberapa materi pokok yang terdiri dari : (Teknologi SLPTT Jagung, Teknologi pembuatan pupuk organik dari jerami untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk an organik, Teknologi pembuatan pakan ternak dari jerami untuk mengantisipasi kemarau panjang, Teknologi SLPTT Padi, Teknologi SLPTT Kacang Tanah, Teknologi SLPTT Kedelai, Teknologi Beternak Itik).
Hasil Pelatihan Penyuluh Pertanian P4MI ini cukup signifikan, hal ini dapat dilihat dari hasil test yang dilakukan pada seluruh peserta, dimana hasil Pre Test rata-rata 5,4 dan hasil Post Tes rata-rata 7,5, ini artinya pengetahuan dan keterampilan seluruh peserta meningkat rata-rata ± 25% setelah mengikuti pelatihan. Dan yang paling penting adalah seluruh Penyuluh Pertanian peserta pelatihan bersedia dan siap menjadi kepanjangan tangan BPTP NTB dalam mendampingi petani dan membina kelompok diwilayah kerjanya masing-masing setelah kegiatan P4MI ini berakhir. (Noor)
Web Analytics