Berita

Kesan Peserta Studi Banding Kegiatan P4MI Ke Pulau Jawa

Pin It
Setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda beda walaupun mungkin diantara sekian banyak hal yang terpikirkan, ada yang memiliki kesamaan dengan manusia lainnya. Dilatar belakangi oleh beragam kondisi sosial, ekonomi dan budaya membuahkan suatu pemikiran dari setiap apa yang disaksikan, dialami dan dirasakan. Kesan yang diperoleh dari beberapa peserta Studi Banding ke pulau Jawa yang diselenggarakan oleh BPTP NTB melalui kegiatan P4MI, tanggal 27 Oktober - 6 November 2009, sangat memuaskan.
H Salehuddin, salah seorang peserta menyatakan bahwa mengikuti kegiatan ini memberikan inspirasi baginya untuk rencana pengembangan usaha ternak yang selama ini digelutinya. Ia adalah ketua kelompok peternak “Demen Girang” dari desa Tebaban Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, yang telah beberapa tahun ini mengelola usaha penggemukan ternak sapi potong. Kelompoknya telah mendapatkan bantuan modal dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar Rp 100.000.000, dan telah menyelesaikan angsurannya, bahkan pihak BRI menawarkan modal lagi yang besarnya dua kali lipat dari sebelumnya. Keuntungan yang bisa diperoleh pada usaha penggemukan mencapai sekitar 15 – 20 % perekor sapi, tergantung umur, bangsa sapi, dan harga yang berlaku saat menjual. Saat ini BRI juga menyediakan modal untuk usaha pembibitan dengan lama waktu 5 tahun.
Ketika berkunjung ke Loka Penelitian Sapi Potong Grati, dan melihat cara pemeliharaan sapi untuk pembibitan dan penggemukan, membuatnya berkeinginan untuk menerapkan cara pemeliharaan seperti itu pada masa mendatang. (Sas).
Web Analytics