Berita

Seminar Nasional "Pengembangan Sapi Bali Berkelanjutan Dalam Sistem Peternakan Rakyat"

Pin It

BPTP NTB bekerjasama dengan Universitas Mataram dan Dinas Peternakan Propinsi NTB kembali menggelar Seminar Nasional bertajuk Pengembangan Sapi Bali Berkelanjutan dalam Sistem Peternakan Rakyat pada hari Rabu, tanggal 28 Oktober 2009 di Hotel Lombok Raya Mataram. Seminar nasional ini bertujuan untuk mendiskusikan strategi meningkatkan produktivitas sapi Bali berdasarkan hasil-hasil penelitian dan kajian yang telah dilakukan oleh para peneliti di seluruh Indonesia. Hasil seminar ini diharapkan dapat menjadi masukan nyata kepada pemerintah pusat dan daerah untuk menyusun kebijakan pengembangan sapi Bali yang berkelanjutan dalam sistim peternakan rakyat.

Kegiatan seminar ini sebagai rangkaian kegiatan Panen Pedet Propinsi NTB yang dilaksanakan tanggal 28 Oktober 2009. Sebanyak dua belas peserta mempresentasikan makalah dalam empat sesi. Dari seminar sehari ini diungkapkan lagi keunggulan Sapi Bali sebagai sapi asli Indonesia yang telah menjadi salah satu komoditas unggulan nasional. Secara umum, produktivitas sapi Bali masih perlu ditingkatkan agar dapat mencapai potensi genetiknya. Provinsi Nusa Tenggara Barat, salah satu dari lima penghasil utama sapi Bali, telah mencanangkan program “Bumi Sejuta Sapi” sebagai salah satu gerakan untuk meningkatkan produktivitas dan populasi melalui peningkatan angka kelahiran, penurunan angka kematian dan pencegahan pemotongan betina produktif.

Kendala utama yang dihadapi dalam upaya meningkatkan produktivitas sapi Bali adalah semakin terbatasnya sumberdaya lahan dan pakan sebagai akibat dari konversi lahan pertanian yang terus berlangsung. Disisi lain, pemanfaatan limbah pertanian yang berlimpah masih sangat terbatas karena rendahnya adopsi inovasi teknologi pakan.

 

Web Analytics