Berita

ATASI KEKURANGAN PAKAN, BPTP NTB LAKUKAN BIMTEK PAKAN SILASE DALAM BUNKER

Pin It
#SobatTani, Guna meningkatkan pengetahuan peternak sapi potong dan hilirisasi teknologi pembuatan pakan ternak untuk musim kering, BPTP NTB menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) Hilirisasi Inovasi Teknologi Pembuatan Pakan Silase dalam Bunker, di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Rabu (22/12/2021).
 
Acara dihadiri Dinas Pertanian Lombok Tengah, Subkoordinator Kerjasama, Penyuluh BPP Pujut, Manager Korporasi, Pertani dan Peternak serta Peneliti dan Penyuluh BPTP NTB.
Dalam sambutannya, Ketua Kelompok Peneliti Budidaya, Pasca Panen dan Mekanisasi Pertanian (Dr. Ir. Tanda S. Panjaitan, MSc) mewakili Kepala BPTP NTB berharap para peternak bisa mendapatkan pengetahuan cara mengawetkan pakan ternak untuk digunakan pada waktu paceklik. “Model fermentasi pakan ini adalah cara paling murah untuk mengawetkan pakan, sehingga diharapkan model ini bisa diterapkan dengan baik dan ditiru tempat lain”, ujar Doktor Tanda.
Pejabat yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah mengajak peternak untuk bersyukur karena kawasan ini sudah ditetapkan sebagai sentra sapi potong di NTB. “Kita adalah penyangga pemasok kebutuhan daging sapi di NTB. Ini beban dan tanggung jawab luar biasa. Sehingga apa yang disampaikan oleh BPTP NTB agar bisa diterapkan dengan baik. Mari kembangkan hijauan pakan ternak ini. Jika hijauan ini tidak tersedia maka kita akan kalah dengan waktu dan tenaga", jelasnya.
Adapun materi yang disampaikan adalah Budidaya dan Pemanfaatan lamtoro untuk pakan oleh Dedi Supriadi, SPt, Pengawetan Hijauan Pakan, Pengawetan Kering (Hay) dan Basah (Silase) untuk Pakan Musim Kering oleh Ryan Aryadin, SPt., MSc, dan Pakan Lengkap Berbasis Lamtoro dan Rumput serta Pengalaman Pemasaran Kompos di SPR Ridho Ilahi oleh Tarmizi, SPt.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Web Analytics