Berita

BPTP NTB SELENGGARAKAN BIMTEK “HILIRISASI INOVASI TEKNOLOGI PERBENIHAN BAWANG MERAH” DI LOMBOK BARAT

Pin It
#SobatTani, Provinsi NTB merupakan salah satu daerah sentra produksi bawang merah. Olehnya, guna mendukung peningkatan produksi bawang merah, BPTP NTB melaksanakan berbagai kegiatan pendampingan kepada petani salah satunya dengan melaksanakan Bimbingan Teknis Hilirisasi Inovasi Teknologi Perbenihan Bawang Merah di BPP Kecamatan Kediri, Selasa (16/11/2021).
 
 
Kegiatan bimtek dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian kabupaten Lombok Barat, Kepala BPTP NTB, Kasi Horti Distan Lobar, Koordinator BPP Kediri, PPL kecamatan Kediri, perwakilan petani bawang merah di Lombok Barat, dan Penyuluh dan Peneliti BPTP NTB. Bimtek juga dilaksanakan secara daring dengan jumlah partisipan 40 orang.
 
Kepala BPTP NTB (Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi) dalam sambutannya menyatakan bahwa bawang merah merupakan salah satu komoditas nasioanal yang menjadi prioritas utama dalam program Kementerian pertanian, sehingga produksi bawang merah harus tetap aman terutama pada hari hari besar nasional. “Untuk mempertahankan keamanan komoditi bawang merah maka diharapkan petani dapat memproduksi bawang merah yang dibutuhkan masyarakat. Benih dapat diproduksi pada musim hujan untuk kebutuhan bawang merah pada musim kering dengan memilih benih yang tahan hujan”, demikian kata Kepala Balai.
 
Lebih lanjut Kepala Balai menyampaikan bahwa sebagai upaya memenuhi kebutuhan benih bawang merah, BPTP NTB telah menghasilkan inovasi biji botani True Shallot Seed (TSS). Kebutuhan benih TSS bawang merah lebih sedikit (2-3 kg/ha) dibandingkan dengan benih umbi (sekitar 1-1,2 ton/ha), pengangkutan yang lebih mudah, dan daya simpan lebih lama dibanding umbi. Selain itu kita juga harus memenuhi kebutuhan bawang merah di NTB dengan menyiapkan penangkar benih bawang. “Petani bawang merah harus berkontribusi dalam menyiapkan kebutuhan benih di NTB dan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian”, tegas Kepala balai.
 
Kepala Dinas Pertanian (Ir. H. Muhur Zokhri) mengapresiasi BPTP NTB yang mengadakan Bimtek perbenihan bawang merah di wilayah Lombok Barat sehingga bisa meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian dan petani dan inovasi teknologi perbenihan bawang merah langsung dari ahlinya.
Disampaikan bahwa Kebijakan Pemerintah Lombok Barat selalu mendorong peningkatan hasil pertanian yang dalam hal ini juga membutuhkan semangat dari petani untuk menerapkan teknologi pertanian. “Saat ini petani di NTB mempunyai peluang untuk memasarkan produk pertanian di era pasar yang terbuka”, demikian kata Kadis Pertanian. Kadis pertanian mengharapkan petani dapat bertani dengan baik dan benar agar pendapatannya meningkat.
 
Selanjutnya disampaikan materi Produksi Benih Bawang Merah melalui TSS oleh Ir. Muji Rahayu, MSi dan Strategi Pengendalian Hama penyakit pada Tanaman Bawang Merah oleh Dr. Baiq Nurul Hidayah. Acara Bimtek juga dirangkai dengan pameran hasil inovasi Badan Litbang Pertanian seperti display Varietas Unggul Baru (padi, jagung dan kedelai), Ayam KUB,dan bahan diseminasi berupa media publikasi.
 
 
 
 
Web Analytics