Berita

WUJUDKAN PERTANIAN TERPADU, BALITBANGTAN DAN BPTP NTB SIAPKAN PROJECT ICARE

Pin It
#SobatTani, Ketahanan Pangan merupakan kunci kestabilan sebuah negara, untuk itu Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan World Bank mengembangkan kawasan pertanian berbasis inovasi dan korporasi Pertanian dalam program Integrated Corporations of Agricultural Resources Empowerment (ICARE) yang akan dilaksanakan pada tahun 2022-2027 di 9 Prov salah satunya di NTB.
 
 
Tahap awal pelaksanaan program ICARE dilakukan survey penentuan calon petani dan lokasi di kabupaten Lombok Tengah yang merupakan lokasi terpilih program ICARE di NTB dengan komoditas utama Jagung dan Ayam KUB. Pelaksanaan survey dilakukan oleh tim ICARE Badan Litbang Pertanian bersama tim BPTP NTB di desa Bunut Baok kec. Praya, desa Tanak Rarang kec. Praya Barat dan desa Lajut kec Praya Tengah serta dilakukan pula koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah (9-12/11/2021).
 
Pada kesempatan yang sama juga dilakukan survey rantai pasar untuk mengetahui jaringan pasar yang akan dikembangkan serta permasalahan yang dihadapi. Ketua Tim ICARE Badan Litbang Pertanian menggarisbawahi bahwa program ICARE yang akan berlangsung hanya merupakan stimulus sehingga sangat diharapkan adanya kontribusi dari petani ataupun dari Dinas dan Instasi terkait.
 
Senada dengan hal tersebut kepala Dinas Pertanian Kab Lombok Tengah menyatakan komitmennya dalam mendukung Program ICARE baik dalam bentuk sharing dana maupun Program.
Semoga Program ICARE dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kesejahteraan dan ketahanan pangan di NTB.
 
 
 
Web Analytics