Berita

MEMBUMIKAN TEKNOLOGI PRODUKSI & PENGELOLAAN LIMBAH TERNAK SAPI POTONG, BPTP NTB SELENGGARAKAN BIMTEK DI SABUK MANDALIKA

Pin It
#SobatTani, Memelihara sapi tentunya tidak terlepas dari limbah baik berupa kotoran ataupun urine, bila tidak diolah akan menyebabkan masalah bagi ternak dan lingkungannya.
 
Oleh karena itu, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak sapi potong, BPTP NTB menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) manajemen produksi dan teknologi pemanfaatan limbah ternak untuk pupuk kompos dan pupuk organik cair (POC) mendukung korporasi sapi potong di NTB, di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Rabu (06/10/2021).
Acara dihadiri Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah, Kepala BPTP NTB, Dekan Fakultas Peternakan Unram, Bapeltanbun NTB, Kepala Desa Mertak, Penyuluh BPP Pujut, Manager Korporasi, Kelompok Tani Mekar Jati serta Peneliti dan Penyuluh BPTP NTB.
 
 
Dalam sambutannya, Kepala BPTP NTB (Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi) menyampaikan bahwa NTB akan menghadapi gelaran World Superbike dan Moto GP. Hal tersebut berarti NTB akan menerima tamu yang membutuhkan protein hewani dari daging sapi. “Kita yang berada di sabuk mandalika ini yang pertama menyiapkan itu termasuk kelompok mekar jati dan 5 kelompok lain yang mendapatkan seribu desa sapi. Kita harus siapkan itu semua dengan baik”.
Kepala BPTP NTB juga memotivasi peternak agar memanfaatkan potensi yang ada disekitar kita seperti mengubah kotoran sapi menjadi kompos. “Kompos sekarang 35 ribu perkarung, artinya bisa jutaan potensi keuntungan yang belum kita manfaatkan”.
 
 
 
Pejabat yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah menyampaikan berterima kasih atas terselenggaranya bimtek ini dan berharap ilmu yang didapat dapat diterapkan.
“Ilmu peternakan sudah banyak, mungkin kita sudah bosan mendengar cara budidaya yang baik dan benar tapi itu semua kembali ke diri kita masing-masing. Jika kita terapkan meski tidak bergelar professor kita bisa jadi professor”.
 
 
Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Manajemen Produksi Sapi Potong oleh Prof. Dahlanuddin, M.Rur.Sc., Ph.D dan Pengolahan Limbah menjadi Kompos, Pupuk Organik Cair oleh Dr. Ir. Tanda S. Panjaitan, M.Sc dan Praktek Pembuatan Kompos.
Semoga dengan adanya bimtek ini dapat membumikan teknologi budidaya sapi potong dan meningkatkan keterampilan peternak.
 
 
 
    
 
 
 
 
 
 
Bagikan
 

0 Komentar

 
 
 

 

Komentar sebagai BPTP NTB
Web Analytics