Berita

Lokakarya APTEK Meriahkan Ekspose dan Open House BPTP NTB

Pin It

Kegiatan Lokakarya Aplikasi Teknologi Pertanian (APTEK) Proyek Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Inovasi (P4MI) memeriahkan hari terakhir pelaksanaan kegiatan Ekspose dan Open House BPTP NTB 2 Juli 2009. Lokakarya yang dibuka secara resmi oleh Ir. Sofyan Souri mewakili Kepala BPTP NTB bertujuan untuk : 1) mendesiminasikan teknologi hasil penelitian dan pengkajian BPTP NTB kepada 50 orang PPL dan 50 orang KID di Kabupaten Lombok Timur, 2) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan 50 orang PPL dan 50 orang KID terhadap teknologi pertanian, dan 3) mendapatkan dokumen umpan balik terhadap perbaikan teknologi ke depan. Dalam pengantarnya, Ir. Sofyan Souri mengemukakan bahwa kegiatan Lokakarya APTEK tersebut adalah bagian dari kegiatan Ekspose dan Open House BPTP NTB yang telah dibuka oleh Gurbernur NTB. Lebih Lanjut, beliau mengatakan bahwa kegiatan Ekspose dan Open House merupakan sarana untuk lebih mendekatkan BPTP NTB kepada semua stakeholders BPTP NTB dan seluruh lapisan masyarakat terjalin komunikasi yang lebih baik di masa yang akan datang.

Beberapa materi yang disampaikan dalam Lokakarya APTEK adalah : 1) pemuliaan dan perbenihan padi, disampaikan oleh Dr. Aan Daradjat dari BB Padi Sukamandi Subang; 2) Teknologi Perbenihan Padi 3) Pembuat Kompos dari Jerami Padi dengan Dekomposer Promi 4) Manajemen Pemeliharan Sapi

Kegiatan Lokakarya APTEK diawali dengan kunjungan lapangan lokasi pameran dan bazaar ke visitor plot serta kebun percobaan BPTP NTB. Dari wawancara dengan beberapa peserta, ada beberapa hal yang sangat menarik bagi mereka antara lain manajemen ternak kambing, pembuatan fermikompos dari kotoran kambing, pembuatan kompos jerami, Pemanfaatan jagung sebagai pakan ternak, Varietas Unggul Baru (VUB) padi, jagung, kedelai  dan budidaya padi pada lahan sempit dengan sistem bertingkat. Peserta Lokakarya APTEK juga melaksanakan praktek pembuatan kompos dari jerami padi dengan dekomposer promi dan juga praktek pengawetan jerami padi.

Peserta Lokakarya APTEK merasa sangat terkesan dengan kegiatan Ekspose dan Open House BPTP NTB ini dan berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan minimal 1 kali setahun dan juga berharap bisa dilaksanakan di tingkat Badan Penyuluhan di Kabupaten masing-masing supaya bisa menjadi lokasi pembelajaran bagi petani dan penyuluh.

Manfaat yang diharapkan dari kegiatan Lokakarya Aplikasi Paket Teknologi (APTEK) ini antara lain : 1) proses transfer/adopsi teknologi ke petani dan pengguna lainnya menjadi lebih efektif dan efisien, 2) terjalinnya kerjasama yang erat antara peneliti, penyuluh, KID, dan petani, 3) permasalahan teknologi yang diharapkan petani dan pengguna lainnya dapat terpecahkan, serta 4) memperbaiki teknologi usahatani yang dilakukan oleh petani.   (Redaksi).

Web Analytics