Berita

Rangkaian Kegiatan FEATI

Pin It

Program FEATI dilaksanakan dalam rangka peningkatan pendapatan petani melalui pemberdayaan petani dalam sistem usah pertanian yang berorientasi agribisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pada tahun 2009 di laksanakan kegiatan sebagai berikut.:

1. Kunjungan Tim FEATI BPTP NTB ke beberapa FMA (Farmer Managed-Extension Activity) di Wilayah FEATI

Kunjungan dilakukan dari tanggal 20 s/d 22 April 2009 pada FMA Tanjung, Batu Layar, Lingsar, Praya Timur dan Sumbawa. Dalam Kesempatan ini dilakukan Evaluasi Pelaksanaan Program FEATI tahun 2008, Inventarisasi Kebutuhan Teknologi yang spesifik lokasi dan Inventarisasi Bahan Diseminasi untuk menunjang kegiatan di masing-masing FMA.
 

2. Workshop Koordinasi Aktivitas FMA

Untuk Pulau Lombok kegiatan Workshop dilaksanakan pada tanggal 6-7 Mei 2009, sedangkan untuk Pulau Sumbawa pada tanggal 11 s/d 13 Mei 2009 yang diikuti oleh Penyuluh swadaya dan pengurus FMA di wilayah FEATI. Kegiatan ini bertujuan untuk mengkoordinasikan aktivitas FMA di Wilayah FEATI NTB dan melakukan identifikasi kebutuhan teknologi dan permasalahan yang dihadapi oleh masing- masing FMA pada tahun 2008 serta membahas rencana kegiatan di tahun 2009 dan kebutuhan diseminasi yang sesuai dengan permasalahan di masing-masing FMA.

3. Workshop Pengenalan Farming System Analysis (FSA) dan Action Riset Facility (ARF)

Workshop Pengenalan FSA bertujuan untuk melakukan identifikasi sistem usaha tani yang ada, mencari alternatif untuk perbaikan sehingga diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani. Sedangkan workshop pengenalan ARF diharapkan agar petani dapat meningkatkan ketrampilan dan keahliannya serta menjadi peneliti dan ahli di lahannya sendiri. Kegiatan ini dikuti oleh Penyuluh swadaya dan PNS serta pengurus FMA. Serangkaian dengan acara workshop pada masing-masing Kabupaten juga telah dilaksanakan penajaman PRA (Participatory Rural Appraisal) yang bertujuan untuk identifikasi sistem usaha tani yang akan dikembangkan. Wilayah FEATI NTB yang telah melaksanakan kegiatan ini adalah Kabupaten Lombok Barat, Bima, dan Dompu yang dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 9 Juni 2009. Selanjutnya pada bulan ini juga direncanakan Kabupaten Lombok Tengah dan Sumbawa. (Luhde/Nurul Agst
Web Analytics