Berita

DERASKAN HILIRISASI INOVASI TEKNOLOGI, FUNGSIONAL BPTP NTB IKUTI ACARA TEMU SOBAT

Pin It
Acara Temu SoBaT (Solusi BBP2TP) kembali digelar oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanin (BBP2TP) secara virtual dengan tema “Kupas Kiat Mengubah Hasil Penelitian Menjadi Artikel Populer” (10/05/2021). Acara ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi pejabat fungsional peneliti, penyuluh, litkayasa, humas, dan fungsional lainnya.
Acara dibuka oleh Kepala BBP2TP Dr. Ir. Fery Fahrudin Munier, MSc. Dalam arahannya menyampaikan bahwa melalui acara Temu SoBaT, semua fungsional diharapkan dapat membuat tulisan di media cetak dan elektronik dalam rangka penderasan hilirisasi inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian. Di samping itu, Kepala BBP2TP berharap agar Temu SoBaT dapat memotivasi para peserta untuk berkarya lebih baik lagi.
Dalam kesempatan ini, BBP2TP menghadirkan dua orang narasumber yaitu Yesiah Eri Tamalagi, SE (Staf Khusus Mentan Bidang Informasi dan Komunikasi Pembangunan Pertanian) dengan materi “Proses Kreatif Menulis Artikel Populer”, dan Setia Lesmana, SP., M.Si (Redaktur Majalah Sains Indonesia) dengan materi “Kiat Mengubah Hasil Penelitian/ Pengkajian/ Pendampingan menjadi Artikel Populer”. Eri Tamalagi sebagai praktisi jurnalis TV, memaparkan bahwa artikel harus disampaikan secara singkat, padat, dan jelas, serta digambarkan seperti melukis dengan kata-kata. Pemilihan judul menjadi poin yang ditekankan, sehingga perlu dipilih istilah populer atau trend diksi yang berkembang di masyarakat. Dengan demikian artikel dapat dinikmati dan mudah dipahami oleh pembaca. Selanjutnya narasumber Setia Lesmana menyebutkan bahwa peneliti dan penyuluh merupakan komunikator sains yang diharapkan dapat menyebarkan hasil riset dan inovasi Badan Litbang Pertanian. Salah satu tantangan komunikator sains adalah bagaimana mengartikulasikan bahasa ilmiah menjadi bahasa yang lebih dipahami. Sebagai tindak lanjut dari Temu SoBat kali ini, para peserta yang telah memiliki draft tulisan untuk dirilis akan difasilitasi oleh BBP2TP guna mengikuti couching klinik lanjutan melalui Whats App Group (WAG) untuk mendapatkan pendampingan penulisan dari para jurnalis.
 
Web Analytics