Berita

GUNA PEMENUHAN GIZI KELUARGA, BPTP NTB BAGIKAN BIBIT SAYURAN DAN LAKUKAN BIMTEK PEMANFAATAN PEKARANGAN UNTUK BUDIDAYA SAYURAN DI KELOMPOK WANITA TANI (KWT)

Published: Friday, 14 May 2021 06:58
Written by Admin
 
Guna mendukung pemenuhan gizi keluarga, pemanfaatan pekarangan dengan tanaman sayur sudah dilakukan, namun masih ditemukan kendala penyediaan bibit untuk budidaya sayuran. Menindaklanjuti realita di lapangan, tim kegiatan Penguatan Taman Agrimart mendukung Pekarangan Pangan Lestari (P2L) BPTP NTB, melakukan bimbingan teknis (bimtek) teknologi budidaya sayuran di pekarangan di tiga Kelompok Wanita Tani (KWT) yaitu 1). KWT Kebun Kopi Kreatif, Kelurahan Pejeruk, Kota Mataram, 2). KWT Karya Bunda, Desa Gegelang, Kabupaten Lombok Barat, 3). KWT Senurus, Desa Mas Mas, Kabupaten Lombok Tengah, berlangsung dari tanggal 26 sampai 28 April 2021. Bimtek diikuti oleh anggota dan pengurus KWT serta PPL desa setempat.
 
 
Materi bimtek disampaikan narasumber peneliti BPTP NTB terkait budidaya tanaman sayuran dimana wadah tanam tidak mesti menggunakan polybag, tapi bisa memanfaatkan barang yang tidak digunakan sebagai wadah menanam sayuran seperti kemasan bekas minyak goreng, kemasan bekas sabun (terlebih dulu dicuci bersih) dan alat-alat dapur yang sudah tidak dipakai. Penyiapan media tanam dapat dibuat sendiri menggunakan campuran kompos, sekam dan kotoran ternak dengan perbandingan 1:1:1. Pemeliharaan tanaman dilakukan dengan rutin menyiram tanaman, memberi pupuk organik (dapat berupa pupuk organik cair), serta penggunaan bahan-bahan nabati untuk mengatasi hama. Pendampingan kelembagaan kelompok tani juga diberikan untuk menjalankan fungsi masing-masing pengurus KWT yaitu ketua, sekretaris, dan bendahara dengan harapan dapat menjadikan kelompok menjadi lebih maju, mandiri dan modern. Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan bibit sayur oleh BPTP NTB kepada KWT. Semoga menjadikan anggota KWT semakin bersemangat memanfaatkan pekarangannya untuk menanam sayuran sehingga bisa memenuhi gizi keluarga.
 
 
 
Web Analytics