Berita

LAKSANAKAN BIMTEK UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI BIMA

Published: Wednesday, 24 March 2021 08:29
Written by Moh. Nazam

 

Bimtek VUB Padi dengan Teknologi Jarwo Super dilaksanakan di Aula Kantor Desa Penapali, Kecamatan  Woha, Kabupaten  Bima (22/3/2021). Bimtek dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Sumbawa, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten  Bima, Camat Woha dan Kepala Desa Penapali.  Acara Bimtek diikuti 100 (serratus) orang peserta dari unsur petani, penyuluh, petugas dinas, Babinsa, Bhabinkamtibmas POLRI, dan perangkat desa setempat.

Kepala BPTP NTB yang diwakili Koordinator Program dan Evaluasi menyatakan pentingnya inovasi teknologi untuk meningkatkan produktivitas pangan khusunya padi yang permintaannya terus meningkat. Inovasi teknologi yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian perlu upaya percepatan diseminasinya kepada pengguna. Demfarm VUB padi di Kabupaten Bima adalah salah satu upaya BPTP NTB mempercepat penyebaran inovasi teknologi kepada masyarakat.  Saat ini persepsi masyarakat terhadap pangan tidak hanya asal kenyang, tidak sekedar nasi, tetapi nasi yang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.  Karena itu dalam pelaksanaan demfarm akan diutamakan penggunaan varietas padi fungsional seperti Nutri Zinc, Pamera, Pamelen dan Jeliteng

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bima Ir. Indra Jaya, MM dalam sambutannya akan mendukung program Demfarm padi khusus di Kabupaten  Bima mengingat Kabupatena Bima merupakan salah satu daerah dengan kasus stunting yang cukup banyak di NTB.

Selanjutnya Komisi IV DPR RI H. Muhammad  Syafrudin, ST.MM,  menyampaikan terima kasih kepada Kepala BPTP NTB dan Tim atas kerjasamanya menempatkan kegiatan Demfarm di Kabupaten Bima dan memfasilitasi acara Bimtek dengan baik. Kita bersyukur mendapatkan kegiatan semacam ini karena secara nasional tidak semua daerah mendapatkannya.  Oleh karena itu saya berharap kerjasama yang baik antara Dinas Pertanian, petani, penyuluh di wilayah ini untuk mengawal dan mensukseskan kegiatan ini guna peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Acara Bimtek dibuka secara resmi oleh H. Muh. Syafrudin, ST.MM yang dilanjutkan dengan penyerahan benih VUB padi kepada petani kooperator demfarm disaksikan Kepala BPTP dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bima (Moh. Nazam)

 

 

 

Web Analytics