Berita

PAMERAN PROMOSI HASIL LITKAJI DAN PELATIHAN INOVASI PERTANIAN

Pin It

 

Dalam rangka mempercepat penyebaran teknologi inovasi pertanian, beberapa hal yang telah dilakukan untuk mempercepat diseminasi teknologi yaitu  Pameran  dan Pelatihan (23/2/2021).   Informasi  teknologi yang didiseminasikan kepada penyuluh  bertujuan agar dapat disebarluaskan kepada pengguna seperti petani, pengusaha pertanian serta stakeholder lainnya. Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertanian harus tetap eksis di masa pandemik dengan jumlah penduduk sebanyak lebih dari dua ratus tujuh puluh juta jiwa butuh pangan.  Oleh karena itu produksi pangan harus ditingkatkan.  Disamping itu di wilayah kita telah dibangun tempat ajang event tingkat dunia yang akan mendatangkan wisatawan, penonton, tim yang ikut serta menjadi salah satu peluang untuk menyerap produk pertanian kita dalam jumlah besar. Pertanian bukan hanya tugas aparat instansi pertanian namun semua harus memberikan dukungan seperti  Kepala Desa, Camat dan Pemerintah Daerah, karena ini untuk menyiapkan bahan pangan masyarakat yang ada di daerah wilayah setempat.

Kedua, untuk memberikan informasi hasil hasil penelitian dan pengkajian (litkaji) yang telah dilakukan dan  Penyuluh merupakan ujung tombak / garis terdepan dari garda pertanian  sehingga pertanian sudah harus melakukan modernisasi (pertanian 4.0). Penyuluh pertanian di lapangan dalam mendiseminasikan teknologi dan informasi, terkait Inovasi Teknologi Pertanian, dituntut untuk mengembangkan kapasitas diri.  Satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme adalah melalui pelatihan, mengikuti kegiatan pengkajian dan penelitian.

Pelaksanaan pameran dan pelatihan kepada penyuluh di UPTP HMT dan Kesehatan Hewan Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah adalah dalam rangka menyampaikan  informasi hasil litkaji BPTP NTB.  Pesertanya adalah Penyuluh Pertanian, Petugas Paramedik dan Petugas Inseminasi Buatan (IB) berjumlah 46 orang. Materi yang diberikan diantaranya : Pengenalan VUB PAJALE, Pembuatan Leaflet dan Vidio berbasis Android serta cara Penentuan Kebutuhan Hara Tanaman dengan PUTK dan pelatihan Avensa untuk mengetahui SDA, dan potensi Lahan serta Luas areal Lahan ( H. Sahram )

 

    

Web Analytics