Berita

SEMANGAT MAHASISWA PROGRAM STUDI MEKANISASI PERTANIAN  UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH  MELAKSANAKAN PKL DI IPPTP SANDUBAYA

Pin It

              Sudah berjalan 2 minggu melaksanakan tugas kampus yaitu Praktik Kerja Lapag (PKL) di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IPPTP ) Sandubaya.  Lima mahasiswa dari Program Studi Mekanisasi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram bersemangat mengikuti bimbingan dari staf teknis Alidin untuk mengikuti latihan penggunaan Alsintan.  Pada masa Pandemi ini sejak kuartal pertama tahun 2020, diterapkannya perkuliahan yang dilakukan dari tempat tinggal masing-masing.  Penerapannya system belajar secara virtual ini tentu perkuliahan menjadi kurang maksimal.  Namun kesempatan mahasiswa untuk menggali pengetahuan yaitu melalui program PKL dapat memberikan kesempatan menambah pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di luar kampus.

              Pemilihan IPPTP Sandubaya yang berada di bawah struktur organisasi  Balitbangtan BPTP NTB, sebagai tempat PKL sangatlah tepat.  Mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memperoleh pengetahuan baru yang inovatif untuk menjadi bekal berkarya.  Dengan bersemangat lima mahasiswa semester 6 melaksanakan praktik mengoperasikan traktor untuk mengolah lahan.  Mereka telah membagi tugas khusus yang akan dilaporkan pada saat menyelesaikan PKL. Tugas khusus yaitu : 1). Penggunaan dan perawatan alat dan mesin pertanian;  2).  Pengawasan Mutu Mesin Pemipil Jagung/ Konseler;  3). Pengelolaan Lahan Kering;  4).  Teknik Penanganan Pasca Panen pada Jagung; dan 5). Teknologi Penanaman benih Jagung.

              Mereka masih memiliki waktu sekitar 2 minggu untuk menyelesaikan tugas PKL, masih memiliki kesempatan untuk terus menggali pengetahuan dan keterampilan selama berada di IPPTP Sandubaya.  Harapan Balai sebagai lembaga yang diberi kepercayaan untuk ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan program pendidikan di perguruan tinggi, yaitu dapat melakukan pembimbingan dan pendampingan secara umum di BPTP NTB.

 

  

    

Web Analytics