Berita

PERCEPATAN TANAM BERSAMA KOREM 162/WIRA BHAKTI

Pin It

Kepala BPTP NTB dan Sub Koordinator KSPP mengikuti acara tanam padi MT-1 bersama Danrem 162/WB di lahan pertanian milik kelompok tani “Pade Angen” Pagutan, Mataram seluas 5 Hektar, Kamis, 21-1-2021. Acara tersebut juga dihadiri oleh Walikota Mataram, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, PT. Petro kimia Gersik dan perwakilan petani.

Dalam laporannya Dandim 1606/Lobar berharap kegiatan ini bisa memotivasi para petani untuk terus bersemangat dan berinovasi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani sendiri. Selain itu beliau melaporkan bahwa teknologi hidroponik sudah dilaksanakan di Kodim 1606/ Lombok Barat hingga ke Koramil se Kab. Lombok Barat, Kota Mataram dan KLU.

     

 

Dalam kegiatan itu juga, Kadistan Kota Mataram dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada Danrem yang menginisiasi gerakan tanam bersama untuk memotivasi petani meningkatkan produksi terlebih pada tahun sebelumnya Kota Mataram berhasil swasembada beras. Lebih lanjut beliau menyatakan PR yang masih harus dilakukan bersama adalah pengelolaan 400 hektar lahan yang belum ditanam  di Kota Mataram dan juga perluanya pemanfaatan teknologi pertanian seperti Urban Farming.

 

Acara tersebut diakhiri dengan dialog antara Kepala BPTP, Kadistanbun NTB dan Kadistan Kota Mataram dengan para petani terkait kelangkaan pupuk dan harga gabah serta penyerahan bantuan alat-alat pertanian dan edukasi dari PT. Petro Kimia Gersik. Terkait pupuk, Ka. BPTP NTB menyampaikan bahwa penggunaan pupuk haruslah berdasarkan status hara tanah, aplikasi pupuk pada saat dibutuhkan tanaman. Pupuk yg menjadi sumber nitrogen dapat berasal dari Urea, NPK, dan ZA, juga dihimbau penggunaan pupuk organik/pupuk kandang agar penggunaan pupuk anorganik dapat efisien. Selain itu, penggunaan alsin untuk tanam juga masih kurang, karena banyak yang belum bisa mengoperasikannya. Jarwo transplanter merupakan salah satu alsin tanam dengan unjuk kerja 6-7 jam/ha.  Pertanian kedepan harus Maju, Mandiri dan Modern. (Fata Hasan)

 

      

Web Analytics