Berita

KUNJUNGAN KADISNAK KABUPATEN SUMBAWA KE BPTP NTB

Pin It

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa,  Junaidi, S.Pt bersama rombongan berkunjung ke Balitbangtan BPTP NTB (Kamis 7/1/2020). Diterima oleh Kepala Balai DR. Ir. Awaludin Hipi, M.Si.  Dalam kunjungan tersebut Kadisnak Sumbawa menyampaikan maksud dan tujuannya yaitu dalam  rangka ingin mengembangkan ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) pada kelompok peternak di Kabupaten Sumbawa.  Kadis Ingin mendapatkan informasi tentang perbedaan ayam KUB dengan ayam Sensi, dan mendapatkan penjelasan oleh  penanggungjawab Pembibitan Ayam KUB Stata 1 (BPTP NTB)  Totok Julianto.  

Kadis dan rombongan berkesempatan untuk melihat  ayam-ayam induk dan pejantan Parent Stock yang saat ini sudah mulai berproduksi untuk menghasilkan telur tetas dan DOC.  Telur-telur bibit, harus melalui seleksi terlebih dahulu sebelum di tetaskan dalam mesin tetas.  Seleksi dimaksudkan untuk mendapatkan DOC yang baik sesuai dengan potensi ayam. Kepala Balai juga didampingi oleh Ketua Kelti Budidaya Pasca PAnen dan Mekanisasi Dr. Tanda Panjaitan. 

Harapan kedepan adalah bahwa ayam KUB dapat berkembang di wilayah Kabupaten Sumbawa untuk dapat menjadi sumber pemenuhan daging ayam dan menjadi salah satu sumber pendapatan peternak. Wilayah Sumbawa berpotensi untuk mendukung pengembangan ayam KUB, Balitbangtan BPTP NTB siap untuk mendukung penyediaan bibit berkualitas dari Pembibitan Ayam KUB Strata 1.

 

Web Analytics