Berita

Persiapan Pengusulan Dupak On line bagi penyuluh pertanian

Pin It

Penyuluh pertanian mempunyai kewajiban untuk mengirimkan Dupak  penyuluh yang harus dilaporkan setiap tahun.  Dalam rangka persiapan pengusulan dupak tahun 2021, Balai Besar Pengkajian Teknologi Pertanian mengadakan pertemuan secara virtual dengan  penyuluh pertanian BPTP seluruh Indonesia (Selasa 5/1/2022).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk  membahas butir-butir dan rasionalisasi pengusulan angka kredit penyuluhan pertanian berdasarkan peraturan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 02/2008 tentang jabatan fungsional penyuluh dan angka kredit.

Menurut ketua tim penilai BBP2TP  Ir. Raden Sad Hutomo MSi,  bahwa kegiatan yang akan dinilai dalam pengajuan dupak tahun 2020 terdiri dari butir pendidikan/ latihan, persiapan penyuluhan pertanian, pelaksanaan penyuluhan pertanian, pengembangan penyuluhan pertanian, pengembangan profesi, evaluasi dan pelaporan, serta unsur penunjang.

Penyuluha pertanian yang akan mengajukan Dupak harus menyiapkan bukti fisik dan formulir yang diajukan melalui Dupak on line. Langkah-langkah dalam menyiapkan bukti fisik yaitu seorang penyuluh membuat folder berdasarkan  butir kegiatan. Setiap butir kegiatan yang sudah lengkap dengan formulirnya dibuat dalam bentuk PDF. Selanjutnya mengikuti prosedural yang terdapat pada Dupak on line. Seluruh Penyuluh Pertanian Balitbangtan BPTP NTB mengikuti sosialisasi virtual di ruang Agricultural Operation Room sekretariat Kostrawil NTB.(M.F. Matenggomena)

Web Analytics