Berita

Pengetahuan Teknologi Budidaya Padi Untuk Kelompok Tani "Pade Genem"

Pin It

Kelompok Tani "Pade Genem" Di Desa Jagaraga Indah Kecamatan Kediri Lombok Barat berencana menanam tanaman padi. Untuk mempersipakan proses penanaman, BPTP Balitbangtan NTB pada Hari Kamis (3/12/2020) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) teknologi budidaya padi kepada 40 orang anggota kelompok Pade Genem. Bimtek bertujuan memberikan bekal pengetahuan kepada petani agar bisa menerapkan inovasi teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas padi. Pada acara tersebut hadir juga perwakilan Kepala Desa Jagaraga Indah, perwakilan Kepala UPTD Kecamatan Kediri dan penyuluh Balitbangtan BPTP NTB.

Penyuluh pertanian Balitbangtan BPTP NTB M. Yunus, SP sebagai narasumber menyampaikan, bahwa materi teknologi budidaya yang dipaparkan kepada petani dapat meningkatkan hasil pertaniannya. Teknologi tersebut antara lain : petani harus menggunakan benih unggul berlabel, merendam benih padi selama 24 jam dengan air yang dicampur dengan laruran Za/garam untuk menyeleksi benih yang sehat, pemeraman dilakukan selama 24 jam sehingga muncul tanda putih dipangkal benih untuk disemai, pengolahan lahan sempurna sebanyak 2 kali, pengendalian hama penyakit dapat dilkukan di tempat persemaian dan pada saat tanaman mengalami gejala, cara tanam menggunakan sistem jajar legowo 2 : 1, umur padi yang akan di tanam  kurang dari 21 hari setelah semai, benih padi yang ditanam 1-3 batang perlubang dan pemupukan berdasarkan bagan warna daun (BWD).

Ketua kelompok tani M. Zainudin akan mencoba menerapkan teknologi yang diberikan oleh BPTP NTB dan mengharapkan hasil padi dapat meningkat, sehingga teknologi tersebut dapat menjadi contoh petani yang lain di Desa Jagaraga. (M. F. Matenggomena).

Web Analytics