Berita

Pembelajaran Kelompok Peternak Sapi melalui Studi Banding

Pin It

Peternak muda yang berjiwa milenial, memiliki semangat yang besar untuk mendalami dunia usaha ternaknya.  Oleh karena itu pada  kesempatan kelompok dapat menggali ilmu dan pengetahuan yang dibutuhkan.  Kelompok Peternak Sapi HYT (Harrik Yadak Turjak) berasal dari Desa Dasan Baru, Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur yang memiliki usaha ternak pembibitan sapi,  dipimpin oleh Hafid Hartozi.  Anggota kelompok berjumlah 36 orang, akan tetapi  yang bisa mengikuti  studi banding hanya 14 orang termasuk Sekretaris Saparudin dan Bidang Pemasaran Amaq Hur (25/11/2020).

Sebagian besar dari mereka adalah tergolong usia produktif dan relatif  usia muda.  Pada kesempatan ini dengan didampingi oleh tim Indobeef ACIAR, mereka berkesempatan untuk mengunjungi  Kelompok Tani Ternak Bagenda Maju di Karang Kendal Kabupaten Lombok Utara.  Kelompok tersebut adalah kelompok peternak yang mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari kegiatan Indobeef ACIAR.  Kelompok ini telah memiliki usaha sampingan yaitu memproduksi kompos saat ini stoknya sebanyak 4 ton.  Salah satu tujuan pemasaran komposnya adalah petani Porang.

Tujuan kunjungan ini untuk mempelajari  manajemen pemeliharaan ternak sapi agar setiap 1 ekor induk sapi dapat menghasilkan 1 ekor anak sapi dalam kurun waktu 1 tahun.  Dengan semboyannya “Satu Induk, Satu Anak,  Satu Tahun.”  Tentu saja semboyan itu tidak dapat diucapkan begitu saja tanpa,  mengetahui maksudnya.  Ditemui langsung oleh Kepala Balai Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi,  Kasi KASPP  Dr. Sasongko WR, bagian kerjasama drh. Luh Gde Astiti, MSi dan Penanggungjawab kegiatan kerjasama ACIAR  Dr. Tanda S Panjaitan. 

Arahan Kepala Balai  saat menyambut kelompok peternak HYT, bahwa peternakan sapi harus dapat memberikan pendapatan.  Oleh karena itu sebagai peternak harus terus belajar agar dapat menghasilkan produksi (anak sapi) dari setiap 1 induk dalam waktu 1 tahun.  Apalagi anggota kelompok yang masih milenial, harus terus menimba ilmu dan tentu harus bersemangat.  Setelah mendapatkan pengetahuan, diharapkan kelompok menjadi lebih baik dari Kelompok Ngiring Datu yang akan dikunjungi.

Web Analytics