Berita

Sosialisasi Hasil Rakor Konsolidasi Manajemen dan Riset Inovatif Kolaboratif  Balitbangtan

Pin It

Sosialisasi hasil Rakor Balitbangtan disampaikan oleh Kepala Balitbangtan BPTP NTB, Kasi KSPP dan Koordinator Program pada Senin, (16/11/2020).  Diawali dengan penyampaian Koordinator Program dalam rangka mengingatkan kembali untuk penyelesaikan kegiatan pelaporan TA 2020. Penyusunan proposal TA 2021 agar sudah diselesaikan pada akhir tahun 2020.

Peserta sosialisasi diantaranya : Kasubag TU serta jajaran dibawahnya, penanggungjawab Kegiatan 2020, peneliti, penyuluh Balitbangtan BPTP NTB.

Penyampaian beberapa materi penting Rakor Balitbangtan oleh Kepala Balitbangtan BPTP NTB (Dr. Ir. Awaludin Hipi, M.sc) sebagai berikut :

  • Realisasi Balitbangtan 2020 : Serapan anggaran yang diharapkan tercapai paling rendah 98%. Anggaran pembangunan fisik Balitbangtan ada di TTP Poto Tano dengan realisasi hingga saat ini serapannya sudah mencapai 99%. Badan litbang dalam TA.2020 walaupun dalam kondisi covid namun masih memperoleh paten sebanyak 25 buah dan merupakan yang tertinggi di Indonesia dan memperoleh insentif sebesar Rp. 2,79 M lebih
  • Langkah-langkah percepatan realisasi anggaran lingkup Balitbangtan 2021 : Percepatan proses pengadaan barang dan jasa TA. 2021, proses lelang bisa dilakukan di TA. 2020 setelah DIPA terbit (Lelang Pra DIPA)
  • Melakukan percepatan realisasi. Kegiatan  penelitian yang berbentuk survei dan tidak tergantung musim
  • Mempercepat realisasi kegiatan dengan melaksanakan koordinasi, pelaksanaan FGD dan persiapan pelaksanaan kegiatan penelitian melalui belanja bahan dan survei kegiatan
  • Mengoptimalkan belanja barang operasional (rutin) dan non operasional
  • Percepatan belanja modal dan penunjukan penyedia di bawah Rp.200.000.000,-Percepatan diseminasi untuk mempersempit gap antara hasil penelitian dengan kenyataan dilapangan
  • Membuat kegiatan visitor/promosi yang menjadi obyek kunjungan Menteri Pertanian yang setiap saat Menteri Pertanian berkunjung ke daerah. TTP Poto Tano saat ini sudah dihibahkan ke Kementan dan BA sudah ditandatangani oleh Ka Badan Litbang dan ke depan TTP Poto Tano akan diusulkan menjadi IP2TP Poto Tano. Segera dibuat perencanaan Usulan Anggaran : operasional, langganan air, langganan listrik, honor tenaga. Segera dibuat susunan personalia TTP. Tahun ini harus digarap TTP Poto Tano sebagai pusat kegiatan.
  • Tugas selanjutnya adalah melakukan usulan hibah lahan BPTP NTB ke Gubernur, dan kalau tidak bisa sudah dijanjikan pengadaan tanah tahun 2023.
  • Persiapkan RPTP, RDHP, RKTM mulai dari sekarang termasuk stamina yang tinggi, dan dalam waktu dekat akan banyak tamu yang dating untuk melihat lokasi kegiatan RIK.

Sosialisasi penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional

  • Administratur (Eselon III) 421 dipartahankan 136 ditransformasi ke Ahli Madya
  • Pengawas (Eselon IV) ditransformasi ke Jabatan Ahli Muda
  • Pelaksana (Eselon V) ditransformasi ke Jabatan Ahli Pertama
  • Semua SK kegiatan, struktur organisasi 2021 harus sudah ditandatangani sebelum pertengahan Desember 2020.
  • Untuk teman-teman fungsional harus menghasilkan publikasi dan mengumpulkan HKM agar kenaikan jabatan maupun pangkatnya tidak terhambat. Untuk HKM dapat dilakukan dengan kolaboratif (menulis Bersama) dengan keterangan sebagai contributor utama.

Pembacaan hasil Rumusan Rapat Koordinasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dilaksanakan di Ciloto pada, tanggal 9-12 November 2020, dengan tema Konsolidasi Manajemen dan Riset Inovatif Kolaboratif Balitbangtan Mendukung Pertanian Maju, Mandiri dan Moderen oleh Dr. Ir. Sasongko WR, M.Sc (Kasie KSPP BPTP NTB).  (FSM).

Web Analytics