Berita

Pelatihan Petani dan Wanitatani KID Desa Bagik Payung Selatan dan Kelayu Utara Kab Lotim

Pin It

Dalam rangka mendukung Program Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Inovasi (P4MI) BAPPEDA  Lombok Timur bekerjasama dengan BPTP-NTB mengadakan pelatihan Petani dan Wanitatani KID di Desa Bagik Payung Selatan dan Kelurahan Kelayu Utara Kabupaten Lombok Timur pada tanggal 10 dan 12 Januari 2009.

Pada kesempatan ini BPTP-NTB selaku Pembina Pelatihan Kelompok tani yang disampaikan oleh Ir. Kunto Kumoro menekankan bahwa investasi yang telah diberikan oleh Pemerintah harus terus dikembangkan.

{mosimage}Dengan diiringi oleh swadaya masyarakat terutama demplot penggemukan sapi dan usaha wanita tani sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BAPPEDA Lombok Timur yang diwakili Tim Teknis BAPPEDA serta Kepala Desa Bagik Payung Selatan dan Lurah Kelayu Utara,  yang juga mengharapkan kepada masyarakatnya untuk tetap bertanggungjawab dan berusaha agar apa yang telah dirintis dan dilatih dapat terus berlanjut dan berkesinambungan.

Para petani dalam pelatihan ini, mendapat pemaparan tentang teknologi penggemukan sapi yang meliputi pemilihan bakalan, penyediaan pakan, perkandangan, kesehatan ternak dan demonstrasi cara pembuatan pupuk kompos dari kotoran sapi. Untuk wanita tani di Bagik Payung Selatan demonstrasikan cara pembuatan dodol pisang dan dodol labu sedangkan untuk wanita tani di  Kelurahan Kelayu Utara membuat berbagai macam olahan dari ubi kayu (kroket,  perkedel ubi kayu) dan kolang kaling (wedang ronde dan manisan kolang kaling).

Dalam kesempatan terakhir baik Kepala Desa Bagik Payung Selatan maupun Lurah Kelayu Utara menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik dan mengharapkan apa yang telah diberikan pada pelatihan ini dapat bermanfaat untuk petani dan keluarga. (Luhde, Kunto & Mekar)

Web Analytics