Berita

Mengkaji Efektivitas Media BPTP NTB

Pin It

Focus Group Discussion:

Studi tentang efektivitas media yang telah dihasilkan oleh BPTP merupakan salah satu kegiatan dari komponen C2 (Technology Assessment and Knowledge Exchange – TAKE) ACIAR – SADI. Dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas media yang telah diproduksi oleh BPTP NTB, maka pada tanggal 5-6 Januari 2009 telah dilaksanakan Focus Group Discussion bersama peneliti dan penyuluh dari BPTP NTB, para PPL dan para petani secara terpisah. Kegiatan ini dipandu oleh Budi Christiana yang merupakan TAKE-specialist ACIAR-SADI dan Vira Ramelan, seorang pakar komunikasi, dan dibuka secara resmi oleh Kepala BPTP NTB, Dr. Ir. Dwi Praptomo S., MS.

Dalam sambutannya, Kepala BPTP NTB mengemukakan bahwa BPTP NTB mulai dibentuk sejak tahun 1995 dengan tugas untuk mengkaji dan mendesiminasikan teknologi pertanian produk Badan Litbang Pertanian. Lebih lanjut, Dr. Dwi Praptomo mengucapkan terima kasih kepada Tim ACIAR – SADI yang telah memfasilitasi Focus Group Discussion untuk mengkaji efektivitas media guna perbaikan media yang akan diproduksi dan metode diseminasinya. Sementara itu, Budi Christiana dari ACIAR-SADI mengemukakan bahwa kegitan Focus Group Discussion bukan dimaksudkan untuk mengevaluasi kegiatan BPTP NTB tapi ingin melihat media yang telah dihasilkan dan mengetahui apakah sudah efektif atau perlu perbaikan, untuk itu maka dilihat dari sisi BPTP sebagai produsen, serta penyuluh dan petani sebagai pengguna.

Pakar komunikasi, Vira Ramelan, mengemukakan bahwa media-media mungkin sudah lama dikembangkan untuk penyebaran informasi teknologi pertanian, namun terkadang media yang dikembangkan masih jauh dari yang diharapkan. Menurutnya, selama ini efektivitas media dinilai dengan hanya “tebak-tebak buah manggis” tanpa didasari oleh riset. Bahkan di banyak proyek sangat jarang pengembangan media berdasarkan riset yang telah dilakukan. Untuk itu, focus group discussion ini merupakan salah satu metode riset yang dipakai oleh ACIAR-SADI, bukan untuk mengevaluasi benar atau salah dan ideal atau tidak ideal dari media yang dihasilkan, melainkan semata-mata untuk mengetahui mana media yang efektif atau tidak efektif untuk perbaikan di kemudian hari.

Focus Group Discussion ini dilaksanakan dengan empat BPTP mitra ACIAR-SADI yaitu BPTP NTB, BPTP NTT, BPTP Sulsel dan BPTP Sultra yang selanjutnya hasil diskusi tersebut akan menjadi rekomendasi dalam pengembangan media di masa yang akan datang. (BNH)

Web Analytics