Berita

Kunjungan Direktur Pakan Kementerian Pertanian RI

Pin It

Direktur Pakan Kementerian Pertanian RI, drh. Makmun Junaidin, MSc menyempatkan diri bersilaturahmi ke Balitbangtan BPTP NTB didampingi oleh tim dari Direktorat Pakan Kementan dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB (14/10/2020).  Kedatangannya diterima oleh Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi, Kasi KSPP, Koordinator Program, Bagian Kerjasama, Ketua Kelti Budidaya Pasca Panen dan Mekanisasi Pertanian dan Peneliti Peternakan.  Direktur Pakan menyampaikan tentang rencana kegiatan dalam rangka pelaksanaan program Kementerian Pertanian yang akan dilaksanakan yaitu Program Seribu Desa Sapi.  Program yang di kerjakan dari hulu hingga ke hilir ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan peternak dan mendukung keberadaan sirkuit Mandalika untuk MotoGp 2021. Banyak kegiatan yang akan dilaksanakan seperti Bank Pakan dengan membangun gudang pakan selain untuk menyediakan pakan sendiri, juga dapat memproduksi pakan untuk dijual serta pemanfaatan limbah kotoran sapi untuk pembuatan kompos yang berstandar Nasional.  Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan perguruan tinggi (Fakultas Peternakan UNRAM).

Ketua Kelti Budidaya Pasca Panen dan Mekanisasi Pertanian Dr. Tanda S Panjaitan menyampaikan kegiatan-kegiatan BPTP NTB di bidang peternakan, terkait dengan penyediaan pakan untuk ternak sapi.  Kerjasama bidang peternakan antara BPTP NTB dengan Fakultas Peternakan UNRAM dan ACIAR masih berlangsung.   Pengembangan hijauan pakan seperti lamtoro saat ini sudah berkembang luas di wilayah NTB seperti Lamtoro Taramba.  Tanaman rumput unggul yang sedang dikembangkan yaitu Rumput Pakchong yang memiliki kandungan protein yang relative tinggi.

Balitbangtan BPTP NTB sebagai unit kerja Kementerian Pertanian yang berada di Provinsi NTB diharapkan dapat membantu dalam pelaksanaan program Kementan Seribu Desa Sapi, demikian disampaikan oleh Direktur Pakan.  Kepala Balai menyatakan kesiapan BPTP NTB untuk mendampingi pelaksanaan program melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan.  Kegiatan Balai yang sedang direncanakan saat ini adalah Riset Inovatif Kolaboratif (RIK).  Ini merupakan kegiatan yang dapat mendukung pelaksanaan Program Seribu Desa Sapi.  Direktur Pakan bersama tim sangat menyambut baik kesediaan Balai untuk dapat berkolaborasi dalam mensukseskan Program Kementan tersebut.

Web Analytics