Berita

Peluang Dukungan PLN Di Bidang Pertanian

Pin It

Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional Tahun 2020 PLN mengadakan Webinar tentang “Listrik dan Produktivitas Usaha Tani” mengundang Balitbangtan BPTP NTB untuk mengikuti nya.  Kasi KSPP, Putu Cakra dan Ketua Penyuluh Pertanian dapat mengikuti Webinar Jum’at 4 September 2020 lalu.  Sebagai tindak lanjut dari Webinar tersebut, Wiwied Putra dan Agus Dwi dari PLN Provinsi NTB datang ke Balitbangtan BPTP NTB untuk konsultasi tentang peluang dukungan PLN di bidang Pertanian (25/09/2020). 

Kasi KSPP dan peneliti Putu Cakra yang menerima, menyampaikan bahwa ada komponen alsintan yang menggunakan energy listrik.  Di  wilayah tertentu petani mengairi lahannya dengan menggunakan mesin pompa air yang  berbahan bakar bensin atau solar.  Mesin berbahan bakar minyak memungkinkan digantikan dengan mesin menggunakan energy listrik, mengingat harga bahan bakar yang relative tinggi.  peluang lainnya seperti pada   pembibitan ayam KUB,  umumnya menggunakan mesin tetas berenergi listrik.  Namun  biaya listrik cukup tinggi, ini salah satu peluang yang dapat didukung oleh PLN guna membantu usaha pembibitan ayam skala menengah ke bawah. 

Untuk dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas Wiwied dan Agus menyempatkan diri untuk melihat pembibitan ayam KUB di Kantor BPTP NTB.  Sempat  bertemu  dengan  Kepala Balai yang saat itu sedang pengambilan gambar untuk wawancara oleh Tim Balitbangtan dan Metro TV untuk pembuatan video pengembangan ayam KUB di NTB.  Pada dasarnya Balai siap mendukung PLN untuk melakukan kajian terkait dengan peluang PLN dalam mendukung peningkatan produktivitas di bidang pertanian.  Informasi ini akan disampaikan oleh Wiwied dan Agus untuk tindak lanjut di lapangan

Web Analytics