Berita

Kunjungan Peserta Pembekalan Pra Pensiun Polda NTB

Pin It

Sebagai tindak lanjut dari penyampaian informasi teknologi pertanian pada Selasa 22 September 2020 lalu pada saat “Pembekalan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pegawai Negeri Pada Polri Polda NTB TA 2020” di Hotel Lombok Astoria Mataram,.  Sebanyak  52 peserta Pembekalan Pegawai Negeri Kepolisian (Polda NTB) berkunjung ke kantor Balitbangtan BPTP NTB (23/09/2020).   Kasi KSPP bersama peneliti dan penyuluh menerima kehadiran peserta pembekalan dan mengarahkan ke ruang sidang untuk mendapatkan penjelasan  sebelum berkunjung ke UPBS, Pembibitan ayam Strata 1 dan Tagrinov.  Dimulai dengan sambutan oleh  Kabag Watpers Ro SDM Polda NTB, AKBP Hasripuddin, S. I. K.  tentang  maksud dan tujuan kunjungan peserta pembekalan di Kantor BPTP NTB.  Selanjutnya sambutan dan penjelasan  Kepala Balai Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi, tentang keberadaan Balitbangtan BPTP NTB di wilayah provinsi NTB.

Pada kesempatan tanya jawab, cukup banyak informasi yang dibutuhkan oleh peserta yang sebagian besar tidak banyak mengetahui tentang pertanian dalam arti luas.  Beberapa hal yang ditanyakan diantaranya tentang pemanfaatan limbah untuk membuat pupuk organik, bagaimana mengatasi serangan hama wereng pada padi,  bagaimana bisa memiliki tanaman jeruk atau durian ditanam dalam polybag  yang bisa berbuah normal sampai dengan pemeliharaan ayam KUB.

Kunjungan ini tentu tidak sebatas hanya pada hari ini tetapi BPTP NTB siap untuk memberikan layanan kepada siapa saja (publik) yang membutuhkan informasi terkait dengan teknologi pertanian spesifik lokasi.   Bapak dan Ibu silahkan untuk datang untuk meminta informasi teknologi pertanian setelah pensiun dan mulai menjalankan usaha dibidang pertanian.  Pada kesempatan ini, Kepala Balai menyediakan 500 DOC ayam KUB kepada peserta pembekalan yang telah menyiapkan kandang,  masing-masing akan menerima 100 ekor DOC ayam KUB. Nama-nama calon penerima ayam KUB yaitu : L. Dulham, Iskandar, Larep, Gst Suarnaya dan Dewa Kt Suardana.  

Setelah mendapatkan penjelasan singkat oleh Kepala Balai, selanjutnya peserta diarahkan untuk melihat teknologi pertanian yang terdapat  di sekitar kantor BPTP NTB seperti pembibitan tanaman hortikultura, Taman Ago Inovasi, UPBS  sampai ke pembibitan ayam KUB Strata 1.  Kunjungan berakhir di Gudang UPBS  dan menikmati kedelai (Biosoy) yang direbus dan digoreng serta menikmati jagung muda rebus.

Web Analytics