Berita

Tim Museum Tanah Dan Pertanian Kementan Telusuri Jejak Alat Pertanian Masa Lalu

Pin It

Selama empat hari (16-19 September 2020) tim Museum Tanah dan Pertanian (Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi)  bersama Balitbangtan BPTP NTB menelusuri jejak-jejak sejarah pertanian dari masa lampau yang masih tersimpan dan yang masih digunakan sampai saat ini.  Informasi yang dikumpulkan adalah sejarah pertanian di masa lampau hingga kini serta mengumpulkan alat-alat pertanian saat itu yang digunakan oleh petani puluhan tahun lalu, untuk menjadi koleksi  Museum Tanah dan Pertanian yang berada di Kota Bogor.

Perjalanan dimulai dengan  mengunjungi Museum NTB untuk melihat koleksi benda sejarah dan  selanjutnya mengunjungi desa adat yang ada di Lombok Tengah hingga ke Lombok Utara. Kunjungan pada desa adat berdasarkan informasi dari petugas museum serta informan kunci yang mengetahui bahwa di desa adat tersebut masih ada alat-alat tersebut disimpan karena memang ada beberapa yang masih digunakan hingga kini.

Desa adat yang dikunjungi antara lain Desa Sade dan Desa Gumantar. Disana bertemu dengan pemuka masyarakat untuk bertanya dan menelisik sejarah pertanian dimasa lampau. Cerita tentang GORA (gogoh rancah) yang pernah berjaya pada masa dulu juga menjadi cerita yang digali untuk sejarah pertanian di NTB yang ingin ditampilkan di Museum pertanian. Semoga museum ini nantinya menjadi wahana belajar mengenai pertanian dan sejarahnya, untuk kita dan anak cucu nantinya bagi kita dan anak cucu bagaimana peradaban pertanian berkembang di masing-masing wilayah Indonesia. (Rahmatullaila).

Web Analytics