Berita

Kunjungan DKP Kabupaten Lombok Barat

Pin It

Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lombok Barat H. M. Irham bersama tim, berkunjung ke Balitbangtan BPTP NTB dalam rangka diskusi rencana kegiatan DKP salah satunya  Ayam KUB (11/09/2020).  DKP Lombok Barat akan melaksanakan kegiatannya di kelompok ternak ayam di wilayah Kabupaten Lombok Barat.  Terkait dengan rencana tersebut Pak Irham dan tim datang ke Balai untuk konsultasi tentang kegiatan mereka.  Beberapa informasi yang dibutuhkan diantaranya : pembangunan kandang termasuk bentuk dan biayanya.  Untuk pengadaan bibit ayam apakah dimungkinkan DOC dapat dibeli di BPTP NTB.  Selain itu ingin mendapatkan informasi cara pemeliharaan ayam mulai dari penanganan DOC sampai dengan panen (ayam siap potong).

Kasi KSPP dan Ketua Penyuluh Ir. H. Sahram, MM yang menerima kedatangan tim DKP, memberikan beberapa informasi terkait dengan perkandangan, manajamen pemeliharaan sampai pada panen.  Disampaikan bahwa apabila DOC yang berasal dari BPTP NTB sangat disayangkan jika pemeliharaan sampai pada ayam siap potong karena bibit ayam tersebut kualitasnya baik (dari Parent Stock).  Disarankan agar kegiatan berlangsung sampai dengan memproduksi telur dan penetasan (pembibitan).  Hasil dari pembibitannya bisa dipelihara oleh anggota kelompok yang dibina dan selanjutnya untuk menghasilkan ayam KUB potong.

Saran-saran yang sudah disampaikan akan menjadi pertimbangan untuk dibahas kembali di DKP Lombok Barat.  Pak Irham akan menghubungi kembali untuk membicarakan lebih lanjut setelah mereka diskusi . 

Web Analytics