Berita

BPP Kecamatan Sandubaya menjadi Model Kostratani

Pin It

Balitbangtan BPTP NTB tetap bersemangat mendukung program Kostratani Kementerian Pertanian. Salah satu tahapan yang sedang dilaksanakan adalah melakukan pembinaan dua BPP Model yaitu BPP Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dan BPP Kecamatan Sandubaya Kota Mataram.  Pembinaan yang dilakukan untuk mengoptimalkan BPP sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat jejaringan kemitraan.

Selasa (8/9/2020) BPTP NTB mendapat kunjungan dari Koordinator dan Penyuluh Pertanian BPP Kecamatan Sandubaya Kota Mataram.  Kadatangan  mereka disambut langsung oleh Kepala BPTP NTB, peneliti dan penyuluh pertanian BPTP NTB. Kepala Balitbangtan BPTP NTB, Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi pada sambutannya menyampaikan bahwa Kotratani berbasis kecamatan oleh karena itu semua data dan informasi pertanian yang ada di kecamatan dapat secara langsung  diakses oleh Menteri Pertaninan melalui AWR Kementerian Pertanian. Selain itu Kepala Balai mengharapkan juga kerjasama para penyuluh pertanian dalam rangka melaksanakan program Kementerian Pertanian  tepat pada sasaran.

Setelah saling memberikan informasi di ruang siding selanjutnya dipersilahkan untuk mengunjungi beberapa teknologi yang sedang dikaji di Visitor Plot, Tagrinov, UPBS dan Pembibitan ayam KUB. Di Visitor Plot  dapat menyaksikan display VUB yang akan dipanen dalam waktu dekat. Penjelasan beberapa VUB Pajale oleh Peneliti dan Penyuluh Pertanian BPTP NTB,  tentang varietas padi diantaranya VUB Inpri Nutri Zinc, Baroma, Pamelen, Jeliteng, Cakra Buana, Inpari 45. Inpari 42, Paketih. Selain itu dijelaskan juga  VUB jagung antara lain Nasa 29, Bima 14, Bima 20, Hj 21, JH 27, JH 37 dan Srikandi kuning. (MF.Matenggomena)

Web Analytics