Berita

Dua Hari Bersama Menteri Pertanian

Pin It

Kunjungan  kerja Menteri Pertanian RI  Dr. H Syahrul Yasin Limpo,   ke Lombok Tengah yang sekaligus menghadiri   “Panen Pedet” dan “Panen Raya Padi,”  didampingi oleh Balitbangtan BPTP NTB bersama Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram.  Agenda kunker Menteri Pertanian adalah Panen Pedet di Desa Barabali (Sabtu, 22/08/2020) dan Panen Raya Padi di Desa Aik Mual (Minggu 23/08/2020) Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah. Pada Sabtu Malam Menteri Pertanian menghadiri Launching  “Special Bali Beef.”

Menteri Pertanian berkesempatan berkunjung ke stand pameran Balitbangtan BPTP NTB saat di lokasi Panen Pedet, dan mencoba rasa sate daging sapi Bali yang merupakan salah produk hasil penelitian Indobeef (kerjasama BPTP NTB, Universitas Mataram, Universitas New England dengan dukungan ACIAR dan Universitas Massey, New Zealand). Daging sapi Bali ini merupakan hasil dari penerapan teknologi pemberian pakan berbasis lamtoro dan pasca potong (pendinginan dan pelayuan) untuk mendapatkan tekstur daging sapi yang empuk. Uji rasa daging sapi (special Bali beef) juga digelar pada Sabtu malam, selain dihadiri Menteri Pertanian RI, juga hadir Dirjen Peternakan Dr. Nasrullah, beberapa Eselon I Lingkup Kementan, Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, Bupati Lombok Tengah, Bupati Bima, Walikota Bima, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan provinsi NTB, Rektor Universitas Mataram, Dekan Fakultas Peternakan, beberapa kepala dinas peternakan dan dinas terkait tingkat kabupaten yang berkesempatan mencoba keempukan daging sapi Bali

Panen Raya Padi dilaksanakan di Desa Aik Mual Kabupaten Lombok Tengah.  Panen dilakukan dengan menggunakan alsintan (Combain Harvester).  Menteri Pertanian melalukan panen Raya padi menggunakan Combine yang dikendarai sendiri.

Web Analytics