Berita

Serah Terima Padi Biofortifikasi Inpari IR Nutri Zinc pada Dinas Pertanian Kabupaten Dompu

Pin It

Badan Litbang pertanian telah mengeluarkan varietas Unggulan Baru (VUB) padi Biofortifikasi Inpari IR Nutri Zinc . VUB tersebut memilik kandungan Zn yang di butuhkan oleh tubuh manusia. Kekurangan Zn dalam tubuh selain berakibat menurunnya daya tahan tubuh, produktivitas dan kualitas hidup manusia, kekurangan  Zn  menjadi salah satu penyebab kekerdilan atau stunting pada anak-anak.

VUB Inpari IR Nutri Zinc telah diperkenalkan kepada masyarakat NTB melalui kegiatan Demplot di kelompok tani maupun kegiatan belajar bagi masyarakat yang berkunjung di visitor plot BPTP NTB.  Selain itu varietas tesebut telah serahkan pada beberapa instansi rumpun hijau yang akan menanam untuk dilihat oleh masyarakat. Pada Senin (3/8/2020) Peneliti dan Penyuluh Pertanian  BPTP NTB  menyerahkan benih Inpari IR Nutri Zinc sebanyak 100 kg untuk luasan 4 ha kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dompu untuk mengatasi permasalahan Stunting di Kabupaten Dompu.

Kadistan Dompu Ilham, SP mengharapkan kerjasama yang berkelanjutan dengan BPTP NTB dalam mengembangkan Inpari IR Nutri Zinc di daerah Stunting di kabupaten Dompu sehingga permasalahan gizi buruk dapat teratasi.  (MF.Matenggomena)

Web Analytics