Berita

Bimtek Teknologi Pemanfaatan Limbah

Pin It

Balitbangtan BPTP NTB  memberikan pelayanan ilmu pengetahuan teknologi pertanian kepada masyarakat melalui kegiatan diseminasi.  Salah satu aktivitasnya yaitu memberikan bimbingan teknis teknologi pertanian kepada mahasiswa yang sedang melaksanakan PKL Kamis (10/7/2020). Dengan diberi arahan oleh Kasi KSPP sekaligus mengawali pelelaksanaan Bimtek.  Selain mahasiswa PKL juga diikuti  oleh Penyuluh BPTP NTB.

Sebagai narasumber  Ir. Kaharudin menyampaikan materi tentang pemanfaatan limbah untuk dimanfaatkan sebagai pupuk organik, seperti kotoran hewan, limbah rumah tangga dan sisa tanaman. Limbah organik tersebut adalah sampah yang masih bisa dimanfaatkan menjadi bahan yang lebih berguna. Daur ulang melalui proses dekomposisi atau pelapukan menghasilkan kompos.

Selanjutnya narasumber menjelaskan  cara-cara pembuatan kompos dari limbah rumah tangga dan kotoran hewan. Dijelasakan bahwa kompos dapat dimanfaatkan untuk pemupukan tanaman di pekarangan rumah maupun di lahan sawah sehingga akan membuat lahan menjadi subur dan meningkatkan produktivitas tanaman.  Diakhiri dengan diskusi, peserta Bimtek cukup aktif dimana mahasiswa mengajukan beberapa pertanyaan kemudian penyuluh yang hadir juga memberikan penjelasan sesuai dengan pengalaman di lapangan (Faesal Matenggomena)

Web Analytics