Berita

Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian  Lombok Barat Membawa Ide “Kampung Sehat”

Pin It

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat,  Ir. Herman, M.Si bersama timnya berkunjung ke Balitbangtan BPTP NTB Selasa (07/07/2020).  Pada kesempatan tersebut Kabid menyampaikan rencana untuk membangun “Kampung Sehat”  bertujuan untuk memberikan solusi bagi kondisi pandemi dan new normal.  Selama belum adanya obat yang tepat untuk menyembuhkan daris erangan virus Corona, maka sementar aini yang bisa diandalkan adalah daya tahan tubuh manusia. Ini merupakan kekuatan untuk menghadapi wabah Covid 19 ini, karena sampai saat ini belum ada obat maupun vaksin pencegah.  Ketahanan tubuh bisa dibangun dengan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan. Berangkat dari kondisi ini Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat memiliki ide untukmembangun “KampungSehat”.

Kabid Penyuluhan menyampaikan harapannya untuk dapat bekerjasama dengan Balitbangtan BPTP NTB untuk melakukan pembinaan selanjutnya.   Peran Balai dalam hal ini adalah transfer teknolog itepat guna spesifik lokasi yang dapat diaplikasikan pada Kampung Sehat.  Kepala Balai menyampaikan bahwa BPTP NTB memiliki varietas unggu ltanaman pangan (pajale) yang sedang dikembangkan. Selain itu ada program pemanfaatan pekarangan yang dapat menerapkan teknologi budidaya tanaman sayuran (cabe, tomatd ant erong).

Beberapa alternatif yang yang dapat dicoba seperti benih unggul baru (VUB) pajale tersedia diantaranya Inpari IR Nutrizinc, Inpari 33, Baroma, Jeliteng dan Pemelen; sedangkan untuk komoditi jagung ada Srikandi Kuning, Jagung Pulut Ungu, Nasa 29;  berikutnya untuk kedelai ada : Dena, Dega, dan Biosoy.  Selanjutnya Kabid Penyuluhan menyempatkan dirimelihat benih di UPBS. Kepala Balai menyampaikan untuk BPP yang memiliki lahan agar dapat mendisplaykan VUB yang tersedia di BPTP NTB agar lebih dikenal masyarakat.  (Farida Sukmawati Mayang).

Web Analytics