Berita

Kunjungan Kepala Desa Wilayah Lombok Timur 

Pin It

Di masa New Normal Balitbangtan BPTP NTB mendapat kunjungan dari Kepala Desa Pringgajurang (H Zainul), Kepala Desa Sukerme (H Tahir), Kepala Desa Montong Betok serta L Wirapunca (Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB) (29/06/2020).  Kehadirannya dalam rangka mendapatkan informasi teknologi pertanian khususnya perbenihan.  Para Kepala Desa wilayah Kabupaten Lombok Timur ingin mendapatkan informasi benih unggul yang telah dikaji dan dikembangkan oleh BPTP NTB. Sebelumnya telah mengetahui varietas Inpari 32 yang sudah cukup luas penggunaannya di wilayah NTB, namun baru mengetahui bahwa benih dikembangkan oleh BPTP NTB.  Pada kesempatan kedatangannya disampaikan tentang Varietas Unggul Baru (VUB) tanaman pangan padi, jagung dan kedelai. 

Setelah mendapatkan penjelasan dari Kepala Balai Dr. Ir. Awaludin Hipi, MSi dan penanggungjawab UPBS Hiryana, SP, MP tentang varietas padi yang sedang dikembangkan seperti Inpari 42, Inpari IR Nutrizinc, Tarabas, Jeliteng, Pamelen, Baroma, Paketih serta VUB jagung (Nasa 29, Jagung Pulut Ungu, Srikandi Kuning) dan VUB Kedele.  Mendengarkan penjelasan tersebut para Kepala Desa sangat ingin mengembangkan di wilayahnya dan berniat akan mengundang BPTP NTB untuk melihat display-nya kelak.  Selama ini bapak-bapak Kepala Desa belum mendapatkan informasi seperti ini, kehadiran di BPTP NTB setidaknya banyak memberikan inspirasi terutama untuk program-program desa yang sedang atau akan dilaksanakan tahun depan.

Pada saat pamitan Kepala Desa mendapatkan benih Jagung pulut ungu, Nasa 29 dan bibit mangga untuk oleh-oleh kunjungannya dari Balitbangtan BPTP NTB. Beberapa alternative yang ditawarkan BPTP NTB adalah agar desa juga bisa menyediakan benih sendiri untuk memenuhi kebutuhan benih.

Web Analytics