Berita

Pendampingan Budidaya Jagung Hibrida di Lombok Tengah

Pin It

Berbagai teknologi telah disampaikan oleh Balitbangtan  BPTP NTB kepada petani sebagai bentuk pelayanan. Salah satunya adalah pendampingan teknologi.  Jagung hibrida yang dikembangkan di Lahan kering oleh Kelompok Tani “Subur Tani” di  Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah pada MK 1 tahun 2020.

Rabu (10/1/2020) anggota Kelompok Tani Subur Tani didampingi oleh penyuluh pertanian Balitbangtan BPTP NTB melakukan tahap pemeliharaan aplikasi herbisida sistemik  untuk mengendalikan gulma (umur 21-24 HST). Pengendalian gulma menjadi bagian tahapan pemeliharaan yang perlu dilakukan agar tidak mengggangu pertumbuhan tanaman.

Muhammad Yunus  Penyuluh Pertanian BPTP NTB memberikan penjelasan pada petani untuk penanganan gulma dengan herbisida sistemik selektif pra tumbuh.   Aplikasinya dapat dilakukan dengan menggunakan Sprayer (herbisida dicampur dengan air) kemudian disemprotkan pada daerah yang ditumbuhi gulma.  Herbisida sistemik tersebut hanya mematikan gulma, tidak mempengaruhi pertumbuhn jagung. (M.Faesal. Matenggomena)

Web Analytics