Berita

Kepala Balai Monitoring Kegiatan Pengkajian Strategis Balitbangtan BPTP NTB Di Pulau Sumbawa

Pin It

Kepala Balai melakukan kunjungan dan monitoring kegiatan pengkajian strategis yang dilaksanakan di Pulau Sumbawa. Kegiatan – kegiatan pengkajian yang dikunjungi : Demfam Padi di Kota Bima, Pembibitan Kambing Boerka  di Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas Kabupaten Sumbawa,  pengkajian penggemukan sapi di lahan kering iklim kering di  Taman Teknologi Pertanian (TTP)  Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Pelaksanaan kunjungan tetap mengikuti  protokol kesehatan, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak selama berdiskusi, serta menyiapkan handsanitizer. 

Pelaksanaan kunjungan dan monitoring seusai mendampingi kunjungan kerja Panen Raya Bawang Merah oleh Menteri Pertanian RI di Desa Risa Kabupaten Bima. Kunjungan Demfam padi di Kabupaten Bima, Kepala Balai bertemu dan berdiskusi dengan Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dan para petani di area demfam.  Kunjungan langsung ini tidak disangka oleh para petani dan mereka merasa senang karena dapat berdiskusi langsung dengan kepala Balai, sehingga mereka dapat menyampaikan masalah - masalah yang mereka hadapi dan mendapat arahan langsung dari kepala Balai. Salah satu varietas padi yang di tanam adalah Baroma yaitu singkatan dari Beras Mati Beraroma. 

Monitoring selanjutnya di lokasi Pembibitan Kambing Boerka,  dijumpai induk kambing sedang dan beberapa ekor induk yang baru beranak. Kelahiran  1 (tunggal) anak, dan kembar (2 dan 3 anak).  Jumlah  kambing saat ini  200 ekor. Dalam diskusi bersama petugas teknis yang memelihara  diminta agar mencatat setiap aktivitas atau kegiatan dengan akurat dan terus melaporkan kepada penanggung jawab agar diperoleh data yang rapi dari hasil pengkajian. Begitu pula dengan monitoring yang dilakukan di TTP Pototano.  Di TTP terdapat 48 ekor sapi yang sedang dalam pengkajian pemberian pakan kering, Kepala Balai juga berpesan untuk melakukan pencatatan dengan baik dan teliti.

Selama berlakunya physical distancing di tengah pandemic Covid - 19 pergerakan para peneliti dalam mengontrol lokasi pengkajian sedikit terbatas. monitoring pengkajian oleh para peneliti dilakukan jarak jauh melalui media komunikasi namun tetap berjalan lancar.  Harapan ke depannya tetap bisa berjalan baik dan diperoleh hasil pengkajian dan paket teknologi yang bisa segera didiseminasikan kepada pengguna atau petani.

Di akhir kunjungan Kepala Balai  berpesan pada semua petugas di lokasi pengkajian untuk tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga, menjaga daya imunitas dan tetap menjaga jarak dari berkerumun dengan orang banyak, agar terhindar dari penularan virus Covid – 19 (Rahmatullaila)

Web Analytics