Berita

NTB Sebagai Lumbung Pangan Indonesia, BPTP Siap Dampingi Petani Tingkatkan Produktivitas

Pin It

Memastikan stok produksi atau stok pangan dalam negeri cukup, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan dan panen raya bawang merah di Kabupaten Bima Kamis 28 Mei 2020 lalu. Kunjungan ini didampingi oleh Dirjen Hortikultura, Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen PP, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kepala Badan Karantina, sejumlah Staff Ahli Menteri dan turut serta mendampingi Kepala Balitbangtan BPTP NTB sebagai unit pelaksana teknisi Kementerian Pertanian di daerah.

Dalam sambutannya beliau Menteri Pertanian menyampaikan bahwa “Saya meminta seluruh jajaran Kementerian Pertanian untuk bekerja sama dengan Pemerintah Daerah guna mewujudkan NTB sebagai penyangga pangan nasional. Oleh karena itu, kinerja pertanian harus dimasifkan sehingga produksi komoditi andalan NTB seperti bawang merah, jagung dan padi meningkat. Menurutnya, saat ekonomi dunia melambat, sektor pertanian harus dimasifkan karena perut rakyat harus terus dipikirkan, untuk itu komitmen untuk menggenjot produksi pangan khususnya bawang merah sehingga Kabupaten Bima menjadi penyangga nasional”.

Petani bawang merah yang ikut hadir dan mendengarkan arahan dalam kegiatan kunjungan dan panen raya tersebut merasa senang. Mereka bangga mendapat kunjungan langsung dari Menteri Pertanian di lahan usaha tani mereka terlebih lagi disaat sekarang dimana harga bawang sedang berpihak pada petani yang secara langsung mempengaruhi tingkat kesejahteraan mereka.

Para petani bawang berkomitmen untuk menggenjot peningkatan produksi bawang merah, untuk itu Balitbangtan BPTP NTB sebagai UPT KEmentan di daerah yang memiliki fungsi sebagai penghasil teknolgi pertanian spesifik lokasi, akan mengambil peranan penting untuk terus mendampingi petani dengan teknologi dalam melakukan usaha tani yang efektif dan efisien (Rahmatullaila)

Web Analytics