Berita

Konsultasi Rencana Penelitian

Pin It

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Mataram (UNRAM) bersilahturahmi ke Balitbangtan BPTP NTB.  Lukmanul Hakim sudah tidak asing lagi di Balai karena beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan Magang bersama 6 orang rekan mahasiswanya.  Saat ini Lukman telah berada pada Semester VII dan sedang mempersiapkan rencana penelitiannya. Namun penerapan protocol kesehatan oleh perguruan tinggi, berdampak pada terhambatnya penyelesaian proposal penelitian.  Perubahan-perubahan situasi mendorong untuk datang berkunjung ke Balai dalam rangka mencari alternatif materi penelitiannya.

Rencana penelitiannya adalah mengamati kemunduran benih yang disebabkan oleh waktu penyimpanan.  Kedatangan Lukman ke BPTP NTB diterima oleh   Dr. Sasongko WR (KSPP) untuk mendapatkan informasi terkait dengan rencana penelitiannya.  Kemudian diskusi dilanjutkan ke UPBS BPTP NTB.  Bertemu dengan penanggungjawab UPBS Hiryana W, SP MSi dan Feriman, SP.  Banyak informasi yang telah diperoleh terkait dengan perbenihan yang dilaksanakan oleh Balai.

Beberapa alternative untuk rencana penelitian diantaranya adalah melakukan penelitian terhadap viabilitas benih yang tersimpan di gudang dan hamper kadaluarsa.  Benih tersebut bisa dijadikan sebagai materi penelitiannya untuk mengetahui daya perkecambahannya. Jika penyelesaian proposal berjalan agak panjang, maka dapat mengamati perkecambahan benih dari varietas yang sekarang sedang ditanam. 

Informasi-informasi tersebut dijadikan sebagai bahan yang akan dikonsultasikan pada dosen Pembimbingnya.  Diharapkan dapat memperlancar proses penyusunan rencana penelitian, pelaksanaan penelitian dan penyusunan skripsi.  Pada dasarnya BPTP NTB siap membantu kelancaran proses penyelesaian studi Lukmanul Hakim yang akan mendukung materi penelitian (benih) dan jika dibutuhkan akan diberikan informasi tentang kronologi penanganan pasca panen benih yang dijadikan sebagai materi penelitian (Farida S).

Web Analytics