Berita

Pengunjung Kandang KUB diharuskan Menerapkan Protokoler Kesehatan.

Pin It

Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) telah dikenal oleh masyarakat NTB, berkat upaya untuk terus didiseminasikan oleh  BPTP Balitbangtan NTB.  Pengembangan ayam KUB masih berjalan melalui kegiatan pembibitan ayam KUB yang berada di halaman belakang Kantor Balitbangtan BPTP NTB.  Jumlah ayam KUB yang dipelihara saat ini 1500 ekor dara dan 200 ekor induk.

Untuk menjaga kesehatan ayam KUB dan lingkungannya maka upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan sistem Biosecurity bagi para pengujung yang masuk dalam areal kandang pembibitan.  Menurut penanggung jawab pembibitan ayam KUB Totok B Julianto, SPt,  bahwa sistem biosecurity merupakan upaya terdepan untuk pencegahan serangan sumber penyakit pada ayam, artinya para pengunjung disterilkan terlebih dahulu sehingga tidak membawa penyakit ke lingkungan kandang, apalagi dalam kondisi pandemic Covid 19.

Untuk menerapkan Biocecurity kepada para pengunjung maka pada senin 11/5/2020 tim teknis BPTP NTB bekerjasama dengan anggota TNI/AD Kodim Lombok Tengah memasang pintu sterilisasi sebelum memasuki areal perkandangan. Setiap orang yang akan masuk kandang harus mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan hand sanitizer dan masuk dalam runagan sterilisasi yang berukuran 20 m2. Di dalam ruangan tersebut pengunjung akan disemprot disinfektan secara otomatis. Totok menegaskan agar pengunjung juga tetap terjaga kesehatannya, selain mencegah masuknya penyakit yang dapat menyerang ayam-ayam. (M. Faesal Matenggomena, SP).

Web Analytics