Berita

Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram Melakukan Panen Raya Padi

Pin It

Tiada hari tanpa panen padi. Ditengah situasi pandemic Covid-19 maka Pertanian tidak boleh berhenti aktifitas petani harus terus berlanjut. Sektor pertanian adalah sektor yang harus tetap eksis dan bahkan dituntut untuk meningkatkan produktivitas di tengah pandemic virus yang melanda negara kita saat ini. Kebutuhan pangan untuk masyarakat harus tetap dipenuhi, dan itulah kenapa sektor pertanian harus menjadi yang terdepan melindungi dan bersama masyarakat melawan wabah ini.

Untuk itu Kementerian Pertanian bersama masyarakat dan seluruh jajarannya tetap semangat bekerja keras, mendampingi  petani untuk meningkatkan produksi pangan.

Kamis, (16/04/2020)  Gelar  panen ditengah mewabahnya covid 19 bersama Petani di Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram dengan varietas Inpari 32. Informasi yang diterima dari Koordinator BPP Sekarbela (Ni Kadek Sukastika.,SP) dan PPL (Satriawan) di Kelurahan Jempong sedang dilaksanakan panen padi di tiga lokasi yaitu pertama di lokasi kelompok tani Sinar Terang ketua kelompok tani I Wayan Madra luas lahan 26,5 dan luas panen 2 ha. Lokasi yang kedua kelompok tani Suka Maju ketua Kelompok tani I Komang Sucana dengan luas lahan 25 ha dan luas panen 2 ha. Lokasi yang ketiga kelompok tani Kembang Sari ketua kelompok tani I Wayan Parinata denga luas lahan 22 ha dan luas panen 2 ha semuanya menggunakan Combine Harvester. Produktivitas padi yang diperoleh berkisar 7 – 7,5 t/ha, dengan harga gabah Rp. 4000/kg GKP.

Lebih lanjut Ni Kadek Sukastika menyampaikan bahwa varietas padi yang  ditanam adalah varietas Inpari 32, varietas ini kini dominan di Kota Mataram, selain karena tahan terhadap hama penyakit, juga produktivitasnya tinggi rata-rata mencapai 7,5 t/ha GKP. Panen padi akan terus berlanjut selama minggu ini.

Ni Kadek Sukastika juga menyampaikan rasa optimis bahwa ditengah mewabahnya virus corona atau covid 19 ini Petani Kecamatan Sekarbela Kota Mataram tetap semangat untuk melaksanakan panen padi dan tidak menjadikan pandemi covid 19 sebagai halangan bagi petani untuk melakukan proses panen. Mereka tetap panen, petani memanen hasil jerih payah yang hampir tiap hari berpeluh dengan lumpur, panas matahari serta keringat tanpa pernah kenal lelah, panen dilakukan dengan rasa syukur.

Pemerintah berharap kondisi saat ini bukan menjadi penghalang bagi petani untuk tetap berproduksi. Tentunya pemerintah juga akan mengupayakan semaksimal mungkin petani terlindungi dan masyarakat pun dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Penyuluh gaungkan pelayanan prima agar petani sejahtera  serta senantiasa hadir mengawal panen sehingga produksi pangan berkelanjutan bersama petani untuk menjamin ketersediaan pangan.

Kalian di rumah saja Petani tetap di lahan. Jangan kawatir Petani tetap menanam. Lelah Petani untuk kita semua. Pertanian Indonesia “Maju, Mandiri, Modern”   (Farida S. Mayang).

Web Analytics