Berita

Manfaatkan IT BPTP NTB Melintas Jarak Lakukan Bimtek Dengan Penyuluh Dan Petani Di Bima

Pin It

Bekerja urusan pangan tidak boleh terhambat oleh pendemi virus, namun kita tetap mengikuti arahan dan protokol pencegahan dari penyebaran virus corona Covid-19. Sebagai pegawai Kementerian Pertanian RI harus tetap bersemangat untuk berkarya mendukung upaya petani dalam menghasilkan bahan pangan untuk masyarakat. Dengan adanya perkembangan teknologi elektronik saat ini, dapat memudahkan kita menjalankan tugas-tugas yang terkendala oleh pembatasan ruang gerak dan isolasi. Adanya fasilitas video conference (vicom) setidaknya kendala tersebut tidak menjadi hambatan. Fasilitas vicom dapat memudahkan komunikasi dengan orang lain secara bersamaan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.  Sistem komunikasi jarak jauh akan lebih efisien serta lebih aman dalam kondisi seperti sekarang ini menjaga jarak.

Selasa, 7/4/2020, Balitbangtan BPTP NTB telah melaksanakan Bimtek Teknologi budidaya Padi mendukung program utama Kementan melalui vicom dengan BPP Raba Kota Bima.  Bimtek dihadiri oleh Kabid. Penyuluhan Dipertanak Kota Bima, koordinator BPP, para PPL, dan perwakilan petani, yang dipandu dari ruang Agriculture Operational Room (AOR) sekretariat Kostrawil NTB.

Bimtek diawali dengan sambutan/pengantar oleh Kepala Balitbangtan BPTP NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi., M.Si. Melanjutkan arahan Menteri Pertanian dan Kepala Badan Litbang disampaikan bahwa urusan pertanian, urusan pangan tidak ada liburnya, terus bekerja karena kita menyediakan pangan untuk masyarakat yang tengah berjuang melawan Covid-19. Kementerian Pertanian tetap bekerja menemani petani yang tengah berjuang untuk menyediakan pangan bagi kita semua. Sudah saatnya kita menjadi pahlawan, rekan-rekan di BPP Raba tetap semangat semoga tetap mendapat perlindungan Tuhan Yang Maha Esa, demikian arahan Kepala Balai.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balai menyampaikan tentang kegiatan KOSTRATANI yang merupakan tanggung jawab kita semua dalam mencapai tujuan pembangunan pertanian:1) Menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa rakyat Indonesia; 2) Meningkatkan kesejahteraan petani; 3) meningkatkan eksport komoditas pertanian. Kostratani merupakan wadahnya semua program pembangunan pertanian. Tugas BPTP dalam mendukung program utama Kementan adalah melakukan pendampingan teknologi. Olehnya di BPP Raba yang merupakan salah satu calon Kostratani, BPTP menfasilitasi demonstrasi farm (Denfarm) dan display varietas unggul baru (VUB) padi sawah yang akan dilaksanakan pada MK.I 2020. Kegiatan ini merupakan tempat belajar bersama antara penyuluh dan petani serta menjadi ajang kaji terap bagi penyuluh di BPP. 

Penyampaian Materi Bimtek pengenalan VUB dan teknologi budidaya Padi sawah dengan system tanam jajar legowo yang disampaikan oleh Penyuluh BPTP NTB (Sabar Untung, SP). Teknologi ditekankan pada penggunaan benih bermutu dari varietas unggul, system tanam jajar legowo, pemupukan berdasarkan status hara tanah, pengelolaan hama dan penyakit tanaman, dan panen menggunakan combine harvester untuk mengurangi kehilangan hasil.  

Untuk memberikan semangat kepada para penyuluh dan petani, pada akhir acara Kepala Balai memimpin yel-yel: Pertanian Indonesia “Maju, Mandiri, Modern”   (Farida SM)

Web Analytics