Berita

Kadis Koperasi Lombok Barat Apresiasi Rapat Anggota Koperasi Balitbangtan BPTP NTB

Pin It

Koperasi Cipta Warga Sejahtera telah terbentuk 39 tahun yang lalu pada saat  Balai Penyuluhan Pertanian (BIP) Nusa Tenggara Barat dan sampai dengan tahun 2020 telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebanyak 38 kali.  Pembukaan RAT Selasa 17 Maret 2020 oleh Ketua Koperasi M Yasin, SP, MM dan dilanjutkan dengan Arahan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Barat H. M. Fajar Taufik, SH, MEd. Kadis Koperasi dan UKM  menyampaikan apresiasinya pada BPTP Balitbangtan NTB yang melaksanakan RAT   tahun 2020.  RAT merupakan tanggung jawab pengurus terhadap kegiatan tahun buku 2019 dan merupakan keputusan tertinggi. Langkah berani ini merupakan bukti bahwa pengurusnya amanah dan koperasinya sehat.  Koperasi  di Lombok Barat yang berjumlah 501, hanya 79 yang aktif mengadakan rapat anggota.  Hal tesebut disampaikan KadisKop-UKM kepada semua anggota Koperasi Cipta Warga Sejahtera BPTP NTB  yang hadir dalam RAT.

Kepala Balitbangtan BPTP NTB Dr. Ir. Awaludin HiPi sebagai pembina koperasi CWS BPTP NTB dalam arahannya menyampaikan bahwa koperasi CWS telah berusia 39 tahun. Sejak berdirinya pada tahun 1981, para pendiri menginginkan semua anggotanya sejahtera, dan terbukti pengurus koperasi dari tahun ketahun melaksanakan programnya dengan baik sehingga menjadikan anggotanya sejahtera dan mampu mengatasi permasalahannya.

Lebih lanjut Kepala Balai mengharapkan keperasi CWS bisa melaksanakan usaha selain simpan pinjam seperti usaha dibidang pertanian terutama usaha perbenihan padi, jagung dan kedelai, atau menyediakan kebutuhan pokok  bagi staf BPTP NTB. Oleh karena itu pengurus harus bekerja secara maximal untuk menambah omzet koperasi sehingga sisa hasil usaha untuk anggota dapat meningkat.

Setelah sambutan dan arahan, RAT dilanjutkan dengan mendengarkan laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas koperasi CWS BPTP NTB tahun 2019 serta mengesahkan RAPBK tahun buku 2020 yang telah disetujui oleh anggota. Beberapa kesepakatan dalam RAT yang telah disetujui oleh anggota yaitu pengembangan usaha koperasi yang dimaksudkan agar asset (uang) yang dimiliki koperasi tidak stagnan tetapi bisa menghasilkan pendapatan salah satunya adalah usaha perbenihan. Kesepakatan lainnya adalah diturunkannya suku bunga pinjaman menjadi 1,5% menurun. Diturunkannya suku bunga yang berlaku dimaksudkan agar memacu anggota untuk menggunakannya  sebagai modal usaha (M. Faesal Matenggomena)

Web Analytics